Pertama di Indonesia! PBSI Gelar Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022

- Selasa, 26 Juli 2022 | 08:14 WIB
Ilustrasi bulu tangkis. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Ilustrasi bulu tangkis. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Indonesia mencatatkan sejarah baru dalam bidang olahraga. Untuk pertama kalinya, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menggelar kejuaraan bergengsi bertajuk Piala Presiden 2022.

Piala Presiden cabang olahraga bulu tangkis ini akan diadakan di GOR Nanggala Cijantung, Jakarta Timur  pada 1-6 Agustus mendatang.

"Ini sebuah sejarah baru di Indonesia, dengan digelarnya kejuaraan bulu tangkis memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Akhirnya setelah berbagai upaya, kami bisa mewujudkan ambisi untuk menggelar kejuaraan ini," kata Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Sebelumnya, kejuaraan bertajuk Piala Presiden  sudah dimainkan oleh cabang olahraga sepak bola, basket dan esports.

Hingga penutupan pendaftaran pada 19 Juli, sudah terdaftar sebanyak 620 atlet dari 30 provinsi di Indonesia. Hanya Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat yang absen tidak mengirimkan wakilnya ke Jakarta.

Baca Juga: Daftar Pebulutangkis Paling Cuan Tahun 2022, Fajar/Rian Menang Banyak

Menariknya lagi, Piala Presiden bulu tangkis 2022 menyediakan total hadiah mencapai Rp1,55 miliar.

Menurut Wakil Ketua Pelaksana Piala Presiden 2022, Edi Sukarno, nominal hadiah itu akan dibagi menjadi dua, yaitu masing-masing sebesar Rp500 juta bagi Pengurus Provinsi (Pengprov) dan Rp555 juta sisanya akan dibagi kepada atlet-atlet yang menjadi juara.

"Rinciannya adalah bagi Pengprov yang menjadi juara umum akan mendapat dana pembinaan Rp250 juta, peringkat kedua Rp150 juta, dan ketiga dapat Rp100 juta," jelasnya dikutip dari Antara, Senin (25/7/2022).

Seluruh peserta akan berlaga pada 11 nomor yang terbagi ke dalam 3 kategori utama yaitu kelompok anak-anak U-13, kelompok pemula U-15, dan kelompok remaja U-17.

Secara rinci disebutkan, kategori U-13 akan mempertandingkan nomor tunggal putra dan tunggal putri, U-15 tunggal putra/putri dan ganda putra/putri. Terakhir ialah U-17 yang memainkan lima nomor yaitu tunggal putra/putri, ganda putra/putri ditambah ganda campuran.

Nantinya, pengurus provinsi dengan jumlah raihan medali emas terbanyak maka berhak memboyong trofi bergilir Piala Presiden.

Selain untuk meramaikan kompetisi bulu tangkis dalam negeri, Piala Presiden juga bertujuan sebagai penjaringan bibit-bibit pebulu tangkis masa depan Indonesia. Dengan langkah ini, akan dipastikan tongkat estafet prestasi dan supremasi bulu tangkis nasional akan terjaga.

"Kejuaraan ini digelar untuk usia muda demi mendapatkan bakat dan potensi terbaik dari atlet daerah. Nanti akan dipantau juga siapa yang punya potensi itu, dan akan masuk ke dalam basis data di PBSI agar menjadi penilaian masuk ke Pelatnas," pungkas pimpinan PBSI.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X