Menpora Harap Rio Waida Lanjutkan Prestasi di Liga Selancar Dunia usai Juara di Australia

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:34 WIB
Peselancar Indonesia, Rio Waida. (Instagram/@riowaida_)
Peselancar Indonesia, Rio Waida. (Instagram/@riowaida_)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, berharap kesuksesan peselancar Indonesia, Rio Waida menjuarai ajang Sydney Surf Pro 2022 di Australia berlanjut di World Surfing League (WSL) Championship Tour alias Liga Selancar Dunia 26 Mei-4 Juni mendatang.

Harapan orang nomor satu di Kemenpora itu bukan tanpa alasan mengingat Rio Waida akan berlomba di rumah sendiri dan berbekal menjadi orang pertama Indonesia yang sukses memenangkan kejuaraan yang berlangsung di Manly Beach, Australia, 17-24 Mei itu.

"Harapan saya Rio bisa menorehkan prestasi di kejuaraan dunia di Banyuwangi nanti," kata Menpora Zainudin Amali dikutip dari laman Kemenpora di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Cetak Sejarah! Tim Basket Putra Indonesia Juarai SEA Games 2021

Sebagai informasi, ajang selancar paling bergengsi dunia, WSL akan digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, Jawa Timur. Rio Waida bisa tampil di World Surfing League (WSL) Championship Tour setelah mendapat wild card. Pada kejuaraan ini, peselancar kelas dunia dipastikan hadir dan kompetisi bakal berlangsung ketat.

Mengenai pencapaian Rio Waida di Australia, Menpora mengaku bangga dan berharap prestasi atlet keturunan Indonesia-Jepang itu menjadi motivasi bagi peselancar Indonesia.

Rio Waida pada babak final Sydney Surf Pro 2022 berhasil mengalahkan Ryan Callinan yang merupakan atlet tuan rumah. Rio memperoleh skor tertinggi 17,73 mengalahkan Ryan Callinan dengan skor 15,70.

“Selamat kepada Rio Waida atas prestasi yang diraih dengan menjadi juara kompetisi selancar ombak bergengsi Sydney Surf Pro. Tentu ini prestasi sangat membanggakan bagi masyarakat Indonesia,” pungkas Menpora.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X