Puspa Arumsari, Pesilat Kelas Dunia Kontingen Jakarta yang Kantongi Medali Emas PON Papua

- Senin, 11 Oktober 2021 | 12:56 WIB
Pesilat putri DKI Jakarta Puspa Arumsari (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Pesilat putri DKI Jakarta Puspa Arumsari (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Puspa Arumsari, pesilat putri DKI Jakarta berhasil memperpanjang catatan prestasi gemilang setelah mengantongi medali emas di PON Papua. Pasalnya, wanita berdarah Sunda itu juga sukes meraih medali emas di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Tampil apik di partai puncak yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Toware Kabupaten Jayapura, Senin (11/10/2021), Puspa mengumpulkan nilai tertinggi yakni 456 dengan catatan waktu 3 menit.

Sebelumnya, wanita kelahiran 10 Maret 1993 tersebut juga meraih medali emas di PON XIX Jawa Barat pada 2016 dan medali perak di PON Riau.

Puspa unggul atas Risya Gunawan pesilat Jawa Barat yang berada di urutan kedua setelah mengantongi 453 poin dengan catatan waktu 2 menit 59 detik.

Pada urutan ketiga, pesilat Bali Ni Kadek Astini berhasil membawa pulang medali perunggu setelah mengumpulkan 449 poin dengan catatan waktu 3 menit.

Baca Juga: PON Papua: DKI Jakarta Rebut Emas Bulu Tangkis Beregu Putra dari Jawa Barat

Setelah prestasi terbarunya di PON Papua, Puspa kembali menargetkan menjadi juara dunia dan meraih medali emas di SEA Games mendatang.

"Nanti akan ada juara dunia dan SEA Games, yang pasti targetnya mempertahankan gelar juara lagi," katanya dikutip dari Antara.

Berbicara mengenai sosok Puspa, kiprahnya di pencak silat dimulai pada usia 10 tahun saat masih berada di kelas 5 sekolah dasar. Kala itu dia diajak kakaknya, yang kebetulan seorang pelatih, untuk mengikuti ekstra kulikuler pencak silat.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by puspaarumsari (@arumdara)

Kecintaannya pada seni bela diri ini semakin mendalam berkat dorongan dari kedua orang tuanya yang selalu memberikan dorongan positif.

Dalam keseharian, Puspa dikenal oleh keluarganya sebagai putri yang bekerja keras dan ulet dalam mengejar impiannya. Tak jarang pula karena saking beraninya, anak keempat dari pasangan Yayat dan Imas ini juga memperlihatkan sifat tomboy.

Meski terus mencatatkan prestasi di pencak silat, Puspa tak lantas melupakan pendidikannya dan melanjutkan hingga perguruan tinggi.

Selesai mengenyam pendidikan SMP dan SMA di sekolah khusus olahraga Ragunan, Jakarta Selatan, Puspa meneruskan pendidikan formalnya dengan mengambil jurusan desain grafis.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X