Nostalgia, MotoGP Pernah Mampir ke Sirkuit Sentul sebelum Mandalika

- Selasa, 15 Maret 2022 | 14:09 WIB
Sirkuit Sentul, Bogor (kiri), Sirkuit Mandalika, Lombok (kanan). (Instagram/@SentulCircuit/ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Sirkuit Sentul, Bogor (kiri), Sirkuit Mandalika, Lombok (kanan). (Instagram/@SentulCircuit/ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Gelaran balap motor kelas dunia, MotoGP kembali mampir ke Indonesia. Bertajuk Grand Prix of Indonesia 2022, para pebalap akan mengaspal di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret mendatang.

Nostalgia sejenak, sebelum ke Mandalika, Indonesia juga pernah menggelar MotoGP 25 tahun lalu tepatnya di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sirkuit yang terletak di desa Sentul, Babakan Madang, Bogor itu pernah digunakan untuk perhelatan MotoGP di tahun 1996 dan 1997.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Sebanyak 24 pebalap ambil bagian dalam seri yg saat itu masih memperlombakan motor 2 tak dengan kapasitas silinder 500cc.

Dengan panjang sirkuit Sentul sejauh 4,12 km (2,56 mil), race menyuguhkan 30 lap.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, 20 Pebalap Dunia akan Parade di Jakarta

Putra Presiden Indonesia, Soeharto, yakni Hutomo Mandala Putra menjadi pelopor pembangunan sirkuit Sentul yang dicanangkan untuk menggantikan peran Sirkuit Jaya Ancol.

Selain itu, sirkuit Sentul juga pernah menjadi tuan rumah balap motor, ajang Asian F3, ajang A1 Grand Prix, dan ajang GP2 Asia.

Sirkuit Sentul saat ini masih digunakan untuk berbagai ajang dan kegiatan otomotif, namun lebih banyak untuk ajang balap motor dan ajang balap mobil ISSOM (Indonesian Sentul Series of Motorsport), yang juga diadakan sepanjang tahun.

Kini, setelah seperempat abad lamanya, akhirnya MotoGP kembali singgah ke Tanah Air sebagai seri kedua musim ini.

-
Bundaran akses menuju Sirkuit Mandalika. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Seri pembuka MotoGP musim 2022 telah berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Qatar di mana Enea Bastiani dari Gresini Racing memimpin klasemen sementara.

Kemudian, Brad Binder dari KTM dan Pol Espargaro dari Repsol Honda mengekor pebalap Italia itu di posisi kedua dan ketiga.

Aleix Espargaro dan Marc Marquez melengkapi posisi 5 besar klasemen sementara.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X