Kisah Haru 'Si Anak Mama' Ribka Sugiarto Kenang Perjuangan Jadi Pebulutangkis

- Jumat, 25 Maret 2022 | 22:23 WIB
Atlet bulutangkis Indonesia Ribka Sugiarto. (Dok. PB Djarum / Instagram/ribkasugiarto)
Atlet bulutangkis Indonesia Ribka Sugiarto. (Dok. PB Djarum / Instagram/ribkasugiarto)

Atlet bulutangkis ganda putri, Ribka Sugiarto, harus melewati malam penuh haru sebelum bergabung dengan klub bulutangkis PB Djarum. Terpaksa harus meninggalkan orang terkasih, nyatanya menjadi kenangan yang membekas di hati pebulutangkis itu.

Kala memasuki masa audisi Beasiswa Bulutangkis PB Djarum, wanita kelahiran Karanganyar tersebut mengaku sempat melewati masa-masa sulit sebelum akhirnya bisa lolos menjadi atlet PB Djarum.

Hal tersebut rupanya terjadi karena hanya Ribka seorang yang saat itu lolos ke tahap kedua audisi meninggalkan tim seperjuangannya. 


"Waktu audisi aku nggak diantar sama orang tua karena hamil 7 bulan, dan waktu itu benar-benar sendiri dan ikut rombongan klub asal saya" ungkap Ribka Sugiarto dikutip Indozone dari lama PB Djarum.

Ribka yang menceritakan pilunya masa-masa audisi tanpa didampingi oleh orang terdekat, bahkan mengaku tak mampu membendung air matanya saat merindukan sang ibu.

"Waktu itu aku nangis soalnya nggak ada teman, dan aku kan anak mama banget, nggak bisa lepas dari mama" ujar Ribka.


"Pokoknya waktu itu benar-benar sedih, dan mama aku juga sempat telepon sambil nangis karena khawatir sama aku" timpalnya.

Merasa kesepian, beruntungnya selama kekasih Rian Ardianto itu mengikuti audisi PB Djarum yang diselenggarakan di Kudus, ditemani oleh rekan orangtua Ribka hingga sang atlet berhasil lulus audisi umum Beasiswa Bulutangkis 2013.

Bersaing dengan ribuan orang, pengalaman haru pilu yang dirasakan Ribka terbayar semua dengan kerja keras yang Ia lakukan.

"Alhamdulillah akhirnya aku bisa lulus, karena sulit banget buat bisa masuk PB Djarum dan ribuan orang masu masuk PB Djarum." ujarnya.

"Ini faktor doa dari orang tua, kemauan diri sendiri, dan yang paling utama takdir dari yang di atas" pungkasnya.

Diketahui, Ribka Sugiarto seharusnya dijadwalkan tampil di turnamen BWF musim 2022, namun terpaksa harus mengundurkan diri usai mengalami cedera ACL atau Anterior Cruciate Ligament.

Penulis : Safira Meidina

Artikel Menarik Lainnya :

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X