Tidak Perlu Keluar, 4 Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Rumah

- Sabtu, 4 Juli 2020 | 10:49 WIB
Ilustrasi olahraga di rumah. (Freepik).
Ilustrasi olahraga di rumah. (Freepik).

Rutin melakukan aktivitas fisik adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Akhir pekan seperti sekarang sering dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Beberapa orang memang ada yang sudah memilih berolahraga di luar rumah seperti bersepeda, berlari, dan lain sebagainya. Tapi ada pula yang masih enggan keluar rumah karena pandemi Covid-19 belum usai. Beruntungnya, banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah dan tetap menyehatkan tubuh.

Berikut beberapa aktivitas fisik atau olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti yang Indozone rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/7/2020):

1. Lewat Aplikasi dan Video Latihan

-
Ilustrasi olahraga di rumah. (Freepik).

 

Cara tercepat untuk memulai latihan rutin di rumah adalah melalui video yang dipimpin instruktur. Sekarang sudah banyak aplikasi yang menawarkan latihan dengan panduan. Selain itu, banyak pula video streaming yang bisa diakses untuk berlatih.

Kamu bisa memilih berbagai jenis latihan sendiri. Ada video yoga, workout, pelatihan interval intensitas tinggi (HIITS), pilates, aerobik, dan masih banyak lagi. Untuk latihan lewat video, rata-rata waktunya adalah 25-45 menit. Bentuk latihannya pun tidak terlalu rumit sehingga tidak membutuhkan peralatan yang sulit didapat. Bahkan ada yang tanpa peralatan.

2. Lompat tali

-
Ilustrasi olahraga di rumah. (Freepik).

 

Latihan lain yang bisa dilakukan di rumah adalah lompat tali. Latihan yang satu ini termasuk kardio sehingga bisa membakar kalori lebih banyak. Lakukan latihan lompat tali paling tidak selama 15 menit dan dibagi menjadi beberapa sesi. Jangan lupa untuk menyelipkan waktu untuk beristirahat di antara sesi latihan.

3. Angkat Beban

-
Ilustrasi olahraga di rumah. (Freepik).

 

Selanjutnya jika kamu memiliki dumbbell di rumah bisa juga dimanfaatkan untuk berlatih rutin. Latihan ini membantu membangun massa otot kamu. Bentuk latihannya pun bermacam-macam. Kamu bisa mengikuti panduan lewat aplikasi maupun video streaming.

4. Latihan dengan Peralatan Gym

-
Ilustrasi olahraga di rumah. (Freepik).

 

Bagi kamu yang memiliki peralatan gym di rumah seperti treadmill atau sepeda statis juga bisa memanfaatkannya. Luangkan waktu paling tidak 30 menit untuk berlatih dengan alat-alat tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X