8 Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat dan Nyaman, Ketahui Sebelum Beli!

- Rabu, 7 September 2022 | 14:15 WIB
Ilustrasi berlari (freepik.com)
Ilustrasi berlari (freepik.com)

Lari menjadi salah satu jenis olahraga yang dipilih untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Untuk mendukung olahraga ini, salah satu hal yang dibutuhkan adalah sepatu yang nyaman. 

Kamu bisa memakai sepatu khusus lari atau populer juga dengan nama running shoes. Biasanya, sepatu lari agak berbeda dengan alas kaki pada umumnya. Untuk itu, penting untuk memiliki sepatu lari yang tepat. 

Berikut ini beberapa tips memilih sepatu lari yang tepat agar lari semakin nyaman dan aman. 

Jalur yang Ditempuh Menentukan Jenis Sepatu Lari

-
Jalur lari (freepik.com)

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum mengetahui tips memilih sepatu lari adalah jenis sepatu lari. Sepatu pelari tak semerta-merta dibentuk dengan satu jenis saja. 

Sepatu lari juga harus memeiliki kesesuaikan dengan jalur lari yang ditempuh. Dilansir dari hellosehat, jenis sepatu lari berdasarkan jalur lari dibagi menjadi 3 kategori, antara lain road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes. 

Road-running shoes berlaku bagi pelari yang biasanya lari di jalan, trotoar, atau mungkin di permukaan apapun yang datar dan keras. Sedangkan trail-running shoes berlaku dalam medan yang lebih sulit, seperti bukit yang dipenuhi batu, lumpur, atau akar. 

Di sisi lain, jenis sepatu cross-training shoes dirancang untuk para pengguna gym yang kerap latihan Crossfit. Dengan menggunakan jenis sepatu lari yang pas, akan membuat performa lari semakin mudah. 

Berbagai Tips Memilih Sepatu Lari 

-
Sepatu lari (freepik.com)

Bagi kamu yang rutin menjalankan aktivitas lari maupun jalan kaki, sepatu lari akan menjadi kebutuhan utama yang kamu perlukan. Berikut ini tips memilih sepatu lari yang dapat kamu ketahui. 

1. Miliki alas yang kuat 

Sepatu lari atau sepatu running harus memiliki alas yang kuat agar saat dibawa lari tak mudah lepas. Selain itu, alas sepatu yang kuat juga bisa melindungi kaki dari permukaan yang keras dan kurang rata. 

2. Model simple dan ukuran pas yang nyaman 

Tips memilih sepatu lari selanjutnya adalah dengan memperhatikan modelnya. Pada dasarnya, model sepatu lari yang praktis dan berukuran pas di kaki dapat membantu performa lari semakin nyaman. 

Perlu diingat, ukuran sepatu yang pas tidak berarti harus pas sampai ujung jari kaki. Berilah jarak selebar ibu jari dari ujung depan sepatu ke jari kaki untuk membantu jemari lebih mudah bergerak. 

3. Miliki bobot ringan 

Cara memilih sepatu lari selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan bobotnya. Sepatu khsusus lari mesti memilii bobot yang ringan agar memudahkan pelari untuk bisa melangkah dengan mudahnya. Selain itu, bobo sepatu lari yang ringan juga tidak mudah membuat kaki terasa pegal. 

4. Terdapat bantalan empuk 

Bantalan yang empuk pada alas kaki adalah tips memilih sepatu lari selanjutnya. Bantalan sepatu ini nantinya membantu tumit kaki agar tidak mudah pegal dan iritasi. Ukuran bantalan bisa melengkung tinggi ataupun rendah. Pilihlah yang terasa nyaman ketika dipakai untuk berlari. 

5. Ada hak tinggi 

Hak tinggi pada sepatu lari atau yang dikenal pula dengan nama heel counter menjadi salah satu hal penting yang tak boleh terlewatkan. Ini karena hak tinggi pada sepatu lari dirancang khusus untuk menopang kaki belakang dan melindungi tumit dari bagian luar. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X