Pengerjaan Fasilitas Sirkuit Mandalika Dipercepat, Kejar Target Lolos Homologasi WSBK 2021

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:51 WIB
Pengerjaan konstruksi Pit Building Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO via ITDC)
Pengerjaan konstruksi Pit Building Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO via ITDC)

Demi mengejar target lolos homologasi untuk ajang World Superbike 2021 atau WSBK pada 19-21 November, PT Pengembang Pariwisata Indonesia (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association mempercepat pengerjaan fasilitas pendukung Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Hal tersebut disampaikan oleh Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro dalam pernyataan resmi pada Selasa (26/10/2021).

"Di tengah pandemi dan semakin dekatnya waktu penyelenggaraan, kami berupaya sangat keras untuk melaksanakan sejumlah pekerjaan di lapangan agar kelengkapan sirkuit dapat selesai tepat waktu," kata Bram dikutip dari Antara.

Pihak pengembang saat ini tengah mengerjakan antara lain pengecatan kerb pada trek utama sirkuit, pembangunan Pit Building, finishing Race Control dan Observation Dec, pemasangan Grand Stand atau tribun penonton, serta pengisian fasilitas medis pada Medical Center.

Pengecatan kerb yang berfungsi sebagai marka, menggunakan alat dan cat khusus dari Jerman dan dilakukan oleh perusahaan spesialis Race Track yaitu Roadgrip asal Inggris lewat anak perusahaan mereka yaitu Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) yang menugaskan tenaga spesialis yang telah berpengalaman mengerjakan sejumlah sirkuit dunia seperti Austin, Zandvoort, Yas Marina dan sebagainya.

Pit Building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari 3 lantai.

Lantai dasar merupakan garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim, sedangkan lantai dua merupakan tribun penonton VVIP dan media center. Adapun lantai tiga Pit Building khusus untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Race Control, yang merupakan lokasi supervisi jalannya balapan, saat ini sedang dalam tahap finishing fasad dan instalasi race electronics. Sementara Observation Deck di area sirkuit juga dalam tahap finishing pada area toilet dan area drop off.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika, Mulai dari Rp700 ribuan!

Para pekerja juga sedang melakukan pemasangan grand stand yang tersebar di sejumlah titik di sirkuit antara lain berdekatan dengan tikungan 15, 16, 17, 1 dan pada garis finis.

Grand stand tersebut ditargetkan selesai terpasang sebelum ajang balapan WSBK berlangsung.

Selain itu, fasilitas Medical Center pada sirkuit telah dilengkapi termasuk helipad dan mendapat dukungan dari RSUP Provinsi NTB dan Kementerian Kesehatan RI.
 
Para tenaga medis telah menjalani pelatihan selama 6 hari guna mendukung kebutuhan medis di area sirkuit termasuk prosedur evakuasi medis via helikopter, intervensi car, ambulance, ground post, dan pit lane ground post sebagai simulasi apabila ada kecelakaan yang terjadi pada pebalap sesuai dengan SOP yang ditentukan.

Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah pun percaya sirkuit Mandalika dapat lolos proses homologasi oleh Federation Internationale de motorcyclisme (FIM) melihat kelengkapan fasilitas dan kualitas sirkuit.

"Melihat kelengkapan fasilitas dan kualitas sirkuit ini, kami optimistis dapat lolos proses homologasi oleh FIM," kata Ricky.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X