Atlet Cantik Rusia Ini Dinilai Terlibat Skandal Doping, Putin Bilang Gini

- Kamis, 28 April 2022 | 04:45 WIB
Atlet figure skating Rusia, Kamila Valieva. (Instagram/@kamilavalieva26)
Atlet figure skating Rusia, Kamila Valieva. (Instagram/@kamilavalieva26)

Presiden Rusia ,Vladimir Putin membela atlet figure skating negaranya, Kamila Valieva yang sedang tersandung skandal doping. Putin menegaskan bahwa performa sang atlet tidak akan terbantu zat terlarang apapun.

Atlet 16 tahun itu dinyatakan gagal lolos tes doping ketika menguji kejuaraan nasional Rusia pada Desember tahun lalu. Tapi hasil dopingnya baru diungkap apda 8 Februari kemarin, tepat sehari setelah ia membantu kontingen Rusia dalam nomor beregu di Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Kasus Valieva ini semakin menambah daftar hitam Rusia, di mana para atletnya kerap terlibat skandal doping hingga dijatuhi sanksi pelarangan mengibarkan bendera atau memutar lagu nasional.

Baca Juga: Pembalap Legendaris Ini Ungkap Kunci Kemenangan Quartararo di MotoGP Portugal, Apa Itu?

"Lewat kerja kerasnya, ia membawa olahraga ini menjadi sebuah seni yang sesungguhnya," tambah Putin.

"Kesempurnaan semacam itu tidak akan bisa dicapai lewat kebohongan, bantuan zat-zat terlarang, maupun manipulasi. Kita semua tahu bahwa zat-zat semacam itu tidak dibutuhkan dalam figure skating," ujarnya lagi.

Kasus doping Valieva, yang saat tampil di Beijing masih berusia 15 tahun, juga menimbulkan perdebatan apakah perlu pembatasan usia dalam kompetisi figure skating guna melindungi anak-anak dan remaja.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X