Perlengkapan Skateboard untuk Pemula, Dari yang Standar hingga Upgrade

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 15:54 WIB
Peserta kompetisi skateboard SK8TURDAY Vol 6. (INDOZONE/M.Fadli)
Peserta kompetisi skateboard SK8TURDAY Vol 6. (INDOZONE/M.Fadli)

Olahraga skateboard bisa disebut sebagai olahraga rekreasi yang menyenangkan dan dapat membangkitkan percaya diri para pelakunya. Untuk mahir melakukannya, dibutuhkan waktu dan keinginan untuk memulai dengan menjadi pemula.

Langkah awal untuk menjadi skater pemula, tentunya selain niat dari dalam hati adalah perlengkapan untuk bermain skate. Nah, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan pemula? 

Berikut ini, ada beberapa perlengkapan untuk pemula hasil wawancara Indozone kepada salah satu pelatih di Crooz Skate Shop, Agus Salim, yang ditemui Indozone saat gelaran kompetisi skateboard yang digagas Crooz dan Indozone 'SK8TURDAY Vol 6' di Crooz Boxpark, Duren Tiga, Jakarta, Sabtu (11/12/2021).

1. Standard Skate

-
(INDOZONE/M.Fadli)

Standar skate bisa disebut sebagai perlengkapan pemula yang sudah terdiri dari deck (papan, truck, dan roda standard) dalam satu set. 

"Kalau untuk pemula memang bisa dimulai dengan papan satu set yang sudah jadi. Nanti kalau dia sudah intermediate atau advance, biasa akan ada upgrade tuh dari masing-masing alat," kata Agus Salim kepada Indozone.

2. Safety Equipment

-
Safety equipment. (INDOZONE/M.Fadli)

Selain satu set papan luncur, yang perlu dipersiapkan juga adalah safety equipement. Mulai dari knees pad, elbow pad, dan helmet sebagai perlindungan dari cedera.

3. Upgrade Truck

-
Truck skateboard. (INDOZONE/M.Fadli)

Setelah semakin mahir bermain skate, maka dibutuhkan penyesuaian di perlengakapn yang dipakai berdasarkan kebutuhan atau selera dari sang pemain. Salah satu perlengkapan yang perlu diupgrade adalah mengganti truck.

"Jadi sesuai dengan kebutuhan seseorang, yang disesuaikan dengan bentuk tubuh, maka truck perlu disesuaikan. Bisa pilih yang lebih ringan dan akselerasi yang bagus," kata Salim.

4. Upgrade Deck (papan)

-
Deck skateboard. (INDOZONE/M.Fadli)

Setelah mengganti truck, para skater juga bisa mengganti papan atau yang biasa disebut deck. Untuk mengganti deck, pemula juga perlu menyesuaikan dengan bentuk tubuh dengan ketebalan papan dan besarnya papan. 

5. Upgrade wheels (Roda)

-
Wheels atau roda skateboard (INDOZONE/M.Fadli)

Setelah mengganti deck, tentunya yang perlu di-upgrade adalah wheel atau roda. Roda ini juga harus disesuaikan dengan akselerasi sang pengguna. Ada tingkat gesekan yang perlu disesuaikan.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X