Ketua KOI Apresiasi Torehan Indonesia di SEA Games 2021: Berkat Atlet hingga Menpora

- Selasa, 24 Mei 2022 | 14:35 WIB
Menpora Zainudin Amali (tengah) didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (kanan) berjabat tangan dengan atlet SEA Games 2021. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Menpora Zainudin Amali (tengah) didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (kanan) berjabat tangan dengan atlet SEA Games 2021. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Indonesia menutup SEA Games 2021 di Vietnam dengan bercokol di peringkat 3 klasemen medali membawa pulang 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Hasil yang diperoleh kontingen Merah Putih itu disebut sebagai buah kerja keras atlet dan dukungan penuh stakeholder olahraga Indonesia termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

"Hasil ini tidak lepas dari dukungan dari semua pihak, semua stakeholder olahraga, terutama Menpora Zainudin Amali,” kata Okto.

Baca Juga: Luar Biasa! Tak Diberi Target, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Sumbang Emas di SEA Games 2021

Kontingen Indonesia pada kejuaraan 2 tahunan yang ke-31 ini sukses finis di peringkat ketiga sesuai dengan harapan yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Hasil ini lebih baik dibandingkan kejuaraan yang sama sebelumnya yang finis di peringkat 4. Tim Merah Putih mengakhiri perjuangan di bawah tuan rumah Vietnam dan Thailand.

Prestasi atlet Indonesia di SEA Games 2021 juga tidak lepas dari paradigma baru olahraga yang digaungkan. Sekarang ini, sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Semua atlet yang berangkat ke SEA Games Vietnam itu sudah terseleksi dari tim verifikasi yang targetnya memang medali. Apa yang dicapai para atlet ini membanggakan kita semua karena juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan prestasi dari SEA Games sebelumnya,” tambah Okto.

Selain itu, Okto juga menyampaikan banyak cabang olahraga prioritas dalam Desain Besar Olahraga Nasional yang meraih medali emas.

“Yang menarik adalah banyak olahraga dari nomor tim bisa mendulang prestasi memuaskan. Ini tidak terlepas dari dukungan pelatih dan ofisial. Terima kasih juga atas doa dan dukungan dari semua pihak,” pungkas mantan Ketua PB ISSI itu.

Adapun cabang olahraga prioritas yang masuk dalam DBON adalah bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, wushu, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, senam artistik, dan pencak silat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X