World Superbike 2021 Berakhir, Sirkuit Mandalika Bersiap untuk MotoGP 2022

- Senin, 22 November 2021 | 10:11 WIB
Pebalap yang tengah mengikuti balapan kedua di Sirkuit Mandalika. (ANTARA/FOTO/Ahmad Subaidi)
Pebalap yang tengah mengikuti balapan kedua di Sirkuit Mandalika. (ANTARA/FOTO/Ahmad Subaidi)

Tim Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) mengapresiasi kesuksesan World Super Bike (WSBK) yang digelar meriah dari tanggal 19 hingga 21 November 2021 di Sirkuit Balap Pertamina Mandalika International Street, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Meski begitu, KSP menilai ada beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian khusus agar Mandalika siap menyambut gelaran MotoGP 2022 yang merupakan ajang balap internasional berskala 5 kali lebih besar dari WSBK.

"Kami melihat event ini berhasil sesuai target pemerintah, penonton mencapai target 25 ribu orang. Namun untuk event yang lebih besar seperti MotoGP, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan waktu persiapan yang singkat selama 3 bulan, KSP akan mendukung penuh proses perbaikannya," kata Tenaga Ahli Utama KSP, Albertien Pirade, dikutip dari Antara, Senin (22/11).

Albertien menyampaikan bahwa salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah infrastruktur drainase yang tidak mampu menampung air secara optimal akibat curah hujan tinggi.

“Air menggenang di beberapa titik, namun bukan di lokasi yang vital yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” ujarnya.

“Namun, kami melakukan verifikasi lapangan di posko PLN dan melihat sejauh ini PLN sudah menyiapkan pompa menyedot air sehingga asupan listrik tidak akan terganggu," sambungnya.

Menurut laporan dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Penyelenggara WSBK dan MotoGP, DORNA Sport, turut mengapresiasi jalur balap dan konfigurasi desain sirkuit Pertamina Mandalika.

"Memang ada beberapa catatan dari pihak DORNA, namun itu tidak menjadi masalah karena WSBK merupakan 'test event' untuk MotoGP. Namun DORNA Sport puas dengan sirkuitnya. Bahkan mulai besok MGPA dan DORNA Sport sudah langsung bekerja mempersiapkan penyelenggaraan MotoGP pada bulan Maret 2022," ujar CEO MGPA, Ricky Baheramsjah.

Namun pihak MGPA percaya bahwa dengan dukungan penuh dari pemerintah, maka proses perbaikan dan persiapan MotoGP 2022 akan segera rampung.
 

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X