Terima Permintaan Maaf Yeremia Rambitan, PBSI: Sanksi Sosial Jadi Pelajaran!

- Rabu, 25 Mei 2022 | 20:13 WIB
Pebulu tangkis ganda putra, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Pebulu tangkis ganda putra, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyatakan pebulu tangkis ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan secara resmi telah meminta maaf kepada lembaga dan masyarakat terkait ucapan tak sopan yang dilontarkannya di SEA Games 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekjen PP PBSI, Muhammad Fadil Imran dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

"Yere sudah minta maaf dan itu sudah luar biasa. Saya kira sanksi sosial dari masyarakat lebih dahsyat untuk menyadarkannya. Dia sudah menelpon saya dan bilang menyesali tindakannya. Ini jadi pelajaran besar bagi karirnya," kata Fadil dikutip dari Antara.

Menurut Fadil, ucapan Yeremia pada mulanya hanya dilandasi candaan, namun tak disangka justru berbuntut besar. Oleh sebab itu, pihak PBSI akan memberikan pemahaman etika terhadap sang atlet agar tidak jatuh di kesalahan yang sama.

"Dia bermaksud bercanda, tapi persepsi orang-orang berbeda. Kami akan berikan pemahaman mendalam ke dia soal etika. Kami rasa ini penting karena dalam bermedia sosial juga butuh etika, agar dia tidak terpeleset lagi pada kesalahan yang sama," ujar Fadil.

Baca JugaYeremia Rambitan Lecehkan Relawan SEA Games, Minta Maaf hingga Akun Instagram Menghilang

PBSI memastikan telah memberikan teguran keras kepada Yeremia dan keputusan ini dianggap telah menjadi sanksi berat kepada atlet binaan Pelatnas Cipayung itu.

"Ditambah ada sanksi sosial yang dia terima, pasti akan menjadi pelajaran yang sangat besar bagi Yere," imbuh Fadil.

Sebelumnya, Yeremia ramai dihujat warganet akibat melontarkan ucapan tak senonoh saat sedang siarang langsung (live) di akun media sosial. Dalam rekaman yang beredar di media sosial, pasangan Pramudya Kusumawardana itu terlihat sedang berada di dalam sebuah bus bersama tim bulu tangkis Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021.

Kemudian, Yeremia terdengar mengucapkan "I love you and I want to f**k you" kepada seorang relawan SEA Games Vietnam.

Namun kini, Yeremia secara terbuka telah meminta maaf atas ucapannya itu melalui unggahan video di akun Instagram resmi PP PBSI, Rabu (25/5/2022).

"Halo semuanya. Atas nama saya pribadi, Yeremia, saya memohon maaf kepada PBSI, tim NOC Indonesia, dan pencinta bulu tangkis Indonesia. Saya menyesali perbuatan saya dan khilaf saat bercanda dengan perkataan-perkataan saya," tuturnya.

"Pelatih sudah menegur saya dengan keras dan juga saya sudah meminta maaf kepada volunteer tersebut. Sekali saya meminta maaf untuk semuanya," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X