Sederet Rekor Baru Lahir di PON Papua, Apa Saja?

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 10:57 WIB
Atlet senam beraksi di PON Papua. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Atlet senam beraksi di PON Papua. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua melahirkan sederet rekor-rekor baru selain baru pertama kali dilaksanakan di Bumi Cendrawasih.

Dari data yang dihimpun Indozone, Kamis (7/10/2021), rekor baru banyak tercipta di cabang olahraga atletik yang dilaksnakan di Mimika Sport Complex (MSC), Mimika. Salah satunya, yaitu lari nomor 100 meter putri. 

Atlet kontingen Jawa Barat Tyas Murtiningsih sukses memecahkan rekor saat babak penyisihan dengan catatan waktu 11,67 detik. Adapun rekor lama dipegang Irene Joseph (11,73 detik) yang dicatatkan pada PON 2000 di Jawa Timur.

Rekor yang dicetak Tyas Murtiningsih terasa istimewa karena ditutup dengan merebut medali emas pada babak final. Hanya saja, catatan waktunya tidak mempertajam rekor yang baru dipecahkan, yakni 11,79 detik.

Tyan sendiri mengaku tidak menyangka bisa memecahkan rekor seraya mengucap syukur.

"Alhamdulillah, bersyukur. Awalnya juga tidak menyangka (bisa memecahkan rekor)," ujar Tyas.

Berikutnya, giliran atlet lari gawang 110 meter Rio Maholtra asal Sumatera Selatan yang mengukir rekor di mana ia menorehan catatan waktu 14,11 detik.

Baca Juga:Jenguk Mantan Pebasket Nasional Putri Jacklien Ibo yang Sakit, Ini Pesan Erick Thohir

Rekor sebelumnya dipegang Eli Zakaria dari Jawa Timur yang dibukukan pada PON 2004 di Sumatera Selatan dengan waktu 14,16 detik.

Atas pencapaian itu, Rio mengaku lega sudah menuntaskan target daerahnya meski awalnya merasa sangat grogi.

"Sebetulnya kalau boleh jujur, PON tahun ini merupakan kejuaraan yang rasanya paling grogi saya rasain, mau pingsan rasanya. Akhirnya saya bisa menuntaskan tugas. Target emas oleh provinsi sudah tuntas. Alhamdulillah," kata Rio.

Atlet atletik senior Maria Londa dari Bali tidak ketinggalan memecahkan rekor PON atas namanya sendiri sekaligus meraih medali emas untuk nomor lompat jangkit dari 13.52 meter menjadi 13.60 meter.

"Semoga banyak prestasi lagi, banyak rekor lagi yang dipecahkan di stadion yang bagus ini," ungkap Maria.

Kemudian, dari kolam akuatik, atlet selam kolam putri Jawa Timur Vania Elvira Elent Rahmadani juga mengukir rekor baru di nomor 400 meter surface putri setelah menorehkan waktu 3 menit 29,07 detik. 

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X