Jaga Performa, Atlet Para Atletik Ini Hindari Pijat Selama Kompetisi

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:56 WIB
Pelari Indonesia Saptoyogo Purnomo mendapatkan medali emas nomor lari 100 meter putra ASEAN Para Games 2022. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Pelari Indonesia Saptoyogo Purnomo mendapatkan medali emas nomor lari 100 meter putra ASEAN Para Games 2022. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Atlet para atletik Indonesia, Sapto Yogo Purnomo saat ini sedang bertanding dalam ASEAN Para Games 2022 di Solo. Sebagai atlet, ia selalu menjaga kondisi fisik dan performanya.

Namun, selain berlatih ia juga menghindari pijat selama dirinya mengikuti kompetisi. Ia pun menjelaskan apa alasan memilih untuk menghindari pijat selama tampil di ASEAN Para Games 2022.

"Biasanya saya pijat setelah kejuaraan selesai. Saat masih tanding memang saya hindari," kata Sapto Yogo Purnomo dikutip dari Antara, Selasa (2/8/2022).

Sapto Yogo Purnomo meraih medali emas di nomor lari 100 meter T37 ASEAN Para Games 2022. Ia mencatatkan waktu 11,42 detik unggul dari pelari asal Vietnam, Le Van Manh dan Sakpet Swangworachot asal Thailand.

Baca Juga: Salut! Pelatih Bulu Tangkis Malaysia Asal Indonesia Rela Nyeker demi Kasih Sepatu ke Lawan

Selain nomor 100 meter, Sapto Yogo Purnomo juga mengikuti tiga nomor lainnya yaitu 200 meter, 400 meter dan tim campuran.

"Setelah turun di satu nomor, biasanya  saya langsung recovery seperti biasa. Saya menilai kalau langsung pijat akan berpengaruh dengan massa otot  yang sudah terbentuk selama latihan. Butuh waktu untuk kembali jika langsung pijat," ucapnya.

Dengan menjaga performanya, ia juga sukses menambah medali emasnya pada ASEAN Para Games 2022 di nomor lari 200 meter dengan catatan waktu 23,07 detik.

Pijat untuk atlet berbeda dengan pijat pada umumnya, karena membutuhkan teknik khusus agar tidak merusak jaringan otot. Oleh karena itu, hanya dilakukan oleh orang yang profesional.

Penulis: Raihandhika Nuur Sidiq

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X