Canggih! Stadion Ini Menghasilkan Energi Listrik Terbanyak di Dunia!

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:53 WIB
Panel surya terpasang di atas atap stadion (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)
Panel surya terpasang di atas atap stadion (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Terletak di kawasan Pantai Selatan Turki, kota Antalya berlimpah cahaya matahari sepanjang tahun. Potensi ini dimanfaatkan untuk melawan pemanasan global. Caranya, dengan mengubah energi matahari menjadi listrik dan pemanas air.

-
Antalya, kota 'tenaga surya' di Turki (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Sekitar 80 persen bangunan di kota Antalya punya panel surya, termasuk Antalya Arena. Atapnya dilengkapi dua pembangkit listrik.

-
Stadion ini memproduksi energi listrik terbanyak di dunia (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Antalya Arena merupakan stadion sepak bola bertenaga surya pertama di Turki. Juga menyandang predikat sebagai komplek olahraga yang menghasilkan energi terbanyak di dunia!

Antalya Arena menjadi satu-satunya stadion sepak bola di Turki, yang sekaligus berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). 

-
Stadion sekaligus PLTS (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Dengan produksi listrik rata-rata 1,8 juta kilowatt-jam per tahun, stadion ini bisa memenuhi seluruh kebutuhan energi tahunan untuk 600-an rumah tangga, juga industri, transportasi, kantor pemerintahan, dan penerangan lingkungan atau jalan.

Antalya Arena berdiri di atas lahan 96 ribu meter persegi. Bangunannya berbentuk lingkaran penuh 360 derajat, mirip dengan stadion di kota-kota kuno. Atapnya dibuat transparan, agar rerumputan bisa menerima sinar matahari.

-
Stadion memasok listrik untuk kota Antalya (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Stadion berkapasitas 33 ribu kursi ini, pembangunannya selesai tahun 2015 silam. Rumah bagi klub Antalyaspor ini dilengkapi 44 corporate box, yaitu ruangan khusus untuk menonton pertandingan dengan nyaman dan privat. Ada pula area komersial seluas 8 ribu meter persegi, serta tempat parkir untuk 1.200 kendaraan.

-
Stadion bertenaga surya pertama di Turki (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Antalya Arena merupakan pembangkit listrik terbesar ke-46 di Turki. Pembangunannya merupakan bentuk kepedulian terhadap energi berkelanjutan, sekaligus mengurangi ketergantungan energi pada pihak asing.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X