Tim Indonesia di Piala Sudirman Sempat Panik saat Pesawatnya Gagal Mendarat

- Kamis, 23 September 2021 | 14:29 WIB
Tim Indonesia yang tiba di Finlandia untuk mengikuti Piala Sudirman (PBSI)
Tim Indonesia yang tiba di Finlandia untuk mengikuti Piala Sudirman (PBSI)

Tim bulutangkis Indonesia yang akan berlaga di Piala Sudirman atau Sudirman Cup 2021 sempat mengalami kejadian mendebarkan saat terbang dari Indonesia menuju Finlandia. Pesawat yang mereka tumpangi sempat mengalami masalah dan membuat para penumpang panik.

Setelah menempuh perjalanan panjang 14 jam dari Jakarta dengan transit di Istanbul, Turki, tim bulutangkis Indonesia mendarat di Bandara Internasional Helsinki Airport di Vantaa, Finlandia, Rabu (22/9) pukul 11.30 siang waktu setempat. Wajah-wajah penuh semangat dan optimistis menghiasi Hendra Setiawan dkk.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Sudirman yang Bakal Disiarkan TV Nasional

Kendati ada kejadian mendebarkan saat pesawat Turkish Airlines TK 1761 sempat gagal mendarat di bandara dan harus go around di kesempatan pertama, tim Indonesia akhirnya mendarat dengan selamat pada kesempatan kedua.

Sontak, kejadian itu sempat cukup membuat kepanikan di dalam pesawat. Beruntung pada kesempatan kedua pesawat dapat mendarat mulus. Mohammad Ahsan pun mengungkapkan detik-detik mendebarkan itu.

"Sempat kaget dan panik ya karena itu sudah dekat sekali dengan landasan untuk mendarat, tetapi tiba-tiba pesawat menambah kecepatan dan terbang lagi. Alhamdulillah di percobaan berikutnya pesawat bisa mendarat dengan baik dan kita semua diberikan keselamatan," ucap Ahsan seperti dilansir dari laman resmi PBSI.

Selain Ahsan, kepanikan juga dirasakan oleh atlet ganda campuran, Melati Daeva Oktavianti. Melati bahkan sempat berpikir telah terjadi kesalahan dalam prosedur pendaratan.

"Pasti kaget dan sempat takut juga. Kenapa tiba-tiba kok pesawatnya terbang lagi padahal sudah mau mendarat. Mungkin memang ada kesalahan atau apa. Alhamdulillah semua aman," kata Melati.

Meski sempat dilanda kepanikan, Tim Bulutangkis Indonesia yang berjumlah 38 orang mendarat dengan selamat dan tetap bertekad merebut kembali Piala Sudirman 2021 yang akan berlangsung pada 26 September hingga 3 Oktober.

"Seluruh anggota tim datang ke Finlandia dalam kondisi sehat dan ceria. Ini tentu menunjukkan bahwa pemain, pelatih, dan tim pendukung dalam kondisi nyaman dan siap untuk merebut Piala Sudirman," kata manajer tim Eddy Prayitno di Skyline Airport Hotel, Vantaa.

Setelah mendarat di bandara, seluruh anggota rombongan wajib menjalani tes antigen Covid-19 yang diisyaratkan oleh tuan rumah penyelenggara. Perlu waktu hampir dua jam bagi seluruh anggota tim untuk menjalani tes, mulai dari mengisi formulir, mengantri dengan tertib,  hingga bergiliran dicolok petugas medis.

Petugas medis rupanya benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Sebelum tes usap dilakukan, kursi dan meja disemprot disinfektan. Setelah dicolok, seluruh anggota tim Merah-Putih juga diminta mengganti dengan masker baru yang disediakan.

Hasil tes antigen seluruh anggota tim Indonesia baru akan keluar pada Kamis dan akan dikirimkan ke handphone masing-masing anggota tim. Sambil menunggu hasil, seluruh tim cukup melakukan isolasi di hotel.

Hari ini, tim Merah-Putih tidak ada acara. Semua diminta istirahat untuk pemulihan tenaga setelah terbang selama 14 jam dari Jakarta. Juga sekaligus karantina untuk menunggu hasil tes antigen.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X