Honda dan VW Boikot Iklan di Facebook, Ini Alasannya

- Rabu, 1 Juli 2020 | 16:48 WIB
Honda - VW. (responsejp/wsj)
Honda - VW. (responsejp/wsj)

Beberapa brand otomotif seperti Volkswagen dan Honda telah mengambil keputusan untuk memboikot Facebook karena dinilai tak mampu menghalau ujaran kebencian dan sentimen lain yang berpengaruh negatif pada banyak pihak.

Melansir Bussinesstimes, Rabu (1/7/2020) melalui keterangan resminya raksasa otomotif asal Jerman ini memberikan teguran keras dengan tidak memberikan iklan bisnisnya ke Facebook. Hal ini cukup mengganggu Facebook karena potensi iklan kedua brand ini sangat besar dalam skala bisnisnya.

"Ujaran kebencian, komentar diskriminatif dan misinformasi yang harusnya tidak dipublikasikan berpotensi merugikan banyak pihak dan harusnya dikelola dengan baik," kata perwakilan Volkswagen dalam pernyataan mereka.

Keputusan ini mengikuti otoritas Honda Amerika yang sebelumnya telah memboikot Facebook, setelah melihat perkembangan Facebook yang selama ini tidak mampu membatasi ujaran kebencian dan diskriminasi yang ada dalam konten pengguna Facebook.

Keputusan kedua raksasa otomotif ini tentu menjadi pukulan bagi Facebook. Bahkan mereka berencana akan menarik seluruh iklan di Facebook dan Instagram. Bagi Honda langkah ini menjadi bentuk perlawanan untuk ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan nilai yang dianut Honda.

"Mulai Juli, Honda Amerika akan menarik seluruh iklan dari Facebook dan Instagram. Kami memilih untuk bersatu melawan ujaran kebencian karena tidak sejalan dengan nilai perusahaan," ujar mereka dalam cuitan di Twitter resminya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X