Polda Sumut Gerak Cepat Respons Kasus AKBP Achirudin, Anggota DPR Beri Apresiasi

- Rabu, 26 April 2023 | 19:26 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni (ANTARA FOTO/Melalusa Susthira K.)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni (ANTARA FOTO/Melalusa Susthira K.)

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) bergerak dalam merespons kasus penganiayaan yang melibatkan AKBP Achiruddin Hasibuan. Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni pun memberikan apresiasi.

“Mengapresiasi Pak Kapolri dan Kapolda Sumut yang gerak cepat merespon situasi (viral) yang ada," kata Sahroni dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Indozone melansir dari ANTARA, Rabu (26/4/2023).

Sahroni pun meminta Polda Sumut turut memeriksa jajarannya yang mengetahui kasus yang melibatkan AKBP Achiruddin sejak empat tahun lalu namun tidak menindaklanjutinya.

-
Ilustrasi penganiayaan (FREEPIK/Macrovector)

Baca Juga: AKBP Achirudin Hasibuan Ditindak Polda Sumut, IPW Beri Apresiasi

"Saya yakin pasti ada dugaan campur tangan dari AKBP Achiruddin sehingga kasus penganiayaan oleh anaknya ini sempat mandek sampai empat bulan. Sang ayah jelas terlibat," ucapnya.

Selain itu, Sahroni meminta Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumut. untuk mempertimbangkan memberikan sanksi terberat berupa Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap AKBP Achiruddin agar kasus serupa tak kembali terulang.

“Saya minta Propam Polri mempertimbangkan untuk berikan sanksi terberat berupa PTDH. Jangan sampai karena kasus oknum arogan dan tidak tahu batasan seperti ini, kepercayaan publik kepada Polri yang tadinya terus meningkat, malah kembali merosot,” tuturnya.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Sahroni mengaku sangat kecewa dengan tindakan AKBP Achiruddin yang kerap memamerkan Harley Davidson secara ugalan-ugalan di akun instagram pribadinya.

“Sedang kami cek apakah (pelaku) benar anggota HDCI. Kalau benar anggota, tentu kami akan langsung cabut kartu anggotanya. Sikap arogan di jalanan yang dirinya tunjukkan sangat tidak mencerminkan nilai-nilai di HDCI," katanya.

Menurut dia, hal tersebut tidak menunjukkan sikap seorang pengendara Harley yang sesungguhnya.

"Yang dipertontonkan hanyalah seorang pria yang diselimuti rasa arogansi harta, jebatan, dan kekuasaan. Sangat tidak layak dicontoh,” kata Sahroni.

AKBP Achiruddin Hasibuan Ditindak Polda Sumut

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi R.Z. Panca Putra Simanjuntak mencopot Ajun Komisaris Besar Polisi Achirudin Hasibuan dari jabatannya, sebagai Kepala Bagian Binops pada Direktorat Narkoba Polda Sumut.

Pencopotan itu dilakukan setelah Achirudin diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumut atas tindakannya membiarkan anaknya melakukan penganiayaan terhadap mahasiswa bernama Ken Admiral

Selain itu, AKBP Achiruddin juga disanksi penempatan khusus (patsus).

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X