Punya Target 100 Perwakilan di DPR, PKB Sindir PPP hanya Raih 19 Kursi

- Selasa, 21 Februari 2023 | 13:25 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Waketum PKB Jazilul Fawaid. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memasang target mendapatkan 100 kursi di DPR pada Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya tak mau memperoleh sedikit kursi di parlemen, seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Diketahui, PPP memperoleh sebanyak 19 kursi di DPR atau meraih 4,52 persen suara pada Pemilu 2019. Sedangkan, PKB mendapatkan 58 kursi di Senayan. 

Hal itu disampaikan Jazilul dalam sambutannya di acara Uji Kelayakan dan Kepatutan Bakal Calon Anggota Legislatif DPR RI 2024 di Kantor DPP PKB pada Selasa (21/2/2023).

“Jangan sampai kayak, mohon maaf, partai ijo yang lain, yang cuman 19 kursi, 1 fraksi 1 orang,” kata Jazilul saat memberikan sambutan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga: PKB: Cak Imin Jadi Capres, Cawapresnya Boleh Prabowo atau Anies Baswedan 

Dengan memperoleh banyak kursi di DPR,  lanjut Jazilul, PKB tidak akan minder dan terlihat gagah di hadapan kader partai politik (parpol) lainnya.

“Saya sampaikan kepada Pak Cucun sebagai ketua fraksi, kalau PKB mendapatkan 100 kursi, rasanya menjadi ketua fraksi itu jalannya gagah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wakil Ketua MPR RI ini menuturkan, PKB pernah hanya mendapatkan 28 kursi di DPR. Perolehan suara yang rendah tersebut membuat PKB tak percaya diri. 

“Dibanding dulu pernah PKB itu hanya 28 kursi itu melihat partai yang lain itu minder kalau jalan,” tuturnya. 

Baca Juga: Cegah Tindak Pidana Korupsi, PKB Wajibkan Seluruh Caleg Ikut Pendidikan di KPK

Namun, PKB bisa membalikkan keadaan tersebut pada Pemilu 2019. Tak hanya mendapatkan 58 kursi, tetapi para kader PKB juga kini duduk di posisi-posisi penting di parlemen. 

“PKB Alhamdulilah pada 2019 ini menempati posisi-posisi penting di parlemen, menjadi wakil ketua MPR, wakil ketua DPR, menjadi pimpinan badan anggaran, menjadi pimpinan komisi 2, komisi 4, komisi 10, komisi 6, dan komisi 11,” pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X