Siaga Bencana 2023, Polri Siapkan Operasi Aman Nusa II

- Selasa, 10 Januari 2023 | 21:03 WIB
Ilustrasi bencana alam. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Ilustrasi bencana alam. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).

Mabes Polri sudah mempersiapkan operasi kepolisian bertajuk Operasi Aman Nusa II. Operasi kepolisian ini dalam rangka menangani bencana alam maupun non alam yang bersifat darurat.

"Operasi Aman Nusa II sudah disiapkan sebagai operasi kontijensi atau kedaruratan yang berjalan selama satu tahun untuk hadapi bencana alam dan non alam tahun 2023," kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kepada wartawan, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga:BNPB Sebut Ada Tsunami Kecil Usai Gempa M 7,5 Guncang Maluku

Agung menyebut pelaksanaan operasi ini dilakukan secara mendadak jika bencana terjadi di suatu wilayah. Sifat dari operasi ini bersifat otomatis.

"Karena sifatnya kontijensi yang datang mendadak, maka Operasi Aman Nusa II Polri dilaksanakan secara otomatis bila terjadi bencana," beber Agung.

Baca Juga: Imbas Gempa M 7,5 Guncang Maluku, 1 Warga Luka dan 2 Bangunan Sekolah Rusak

Perbedaan pelaksanaan operasi ini disebutnya hanya berdasarkan wilayah. Jika bencana terjadi dan bersifat nasional, operasi ini bakal dilakukan langsung di tingkat Mabes Polri.

"Hanya lingkupnya saja yang dibagi yakni lingkup nasional dilaksanakan oleh Mabes Polri dan lingkup kewilayahan akan dilaksanakan Polda-polda dan Polres-polres," kata Agung.

Lebih jauh jenderal polisi bintang dua tersebut mengungkap jika pihaknya harus selalu waspada dengan adanya bencana alam yang bisa saja terjadi secara mendadak.

"Mengapa Polri harus siaga? Karena hal itu bagian daribpola pengaturan dalam menghadapi bencana yang harus segera ditangani oleh satuan-satuan yang ada baik Polri dan TNI serta stakeholder pemerintah yang lain maupun  melibatkan masyarakat," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X