Banjir Landa Jakarta, Ribuan Jiwa Terpaksa Mengungsi

- Senin, 24 Februari 2020 | 13:13 WIB
Warga menyelamatkan barang di dalam rumahnya yang terendam banjir di Jalan Anyer, Menteng, Jakarta, Minggu (23/2/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Warga menyelamatkan barang di dalam rumahnya yang terendam banjir di Jalan Anyer, Menteng, Jakarta, Minggu (23/2/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta dilanda banjir setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Hal ini membuat ribuan jiwa warga harus mengungsi.

Tercatat, banjir melanda sejumlah daerah di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Level dan dampak banjir bervariasi.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang diperoleh Indozone, terdapat 2.393 jiwa dari 682 kepala keluarga (KK) yang terpaksa mengungsi karena terdampak banjir per hari ini, Senin (24/2/2020). 

Banjir terparah melanda Jakarta Utara. Setidaknya ada 26 RW dan 29 RT dengan total 1.807 jiwa terdampak banjir. Lalu di Jakarta Timur ada 471 jiwa dari 9 RW dan 44 RT jadi korban banjir.

Selanjutnya, ada 30 jiwa yang harus mengungsi di Jakarta Pusat. Sedangkan di Jakarta Barat sebanyak 85 jiwa.

BPBD DKI Jakarta menyebutkan, curah hujan yang tinggi membuat Kali Ciliwung, Kali Sunter dan Kali Mati meluap. Hal itu yang membuat sejumlah titik di Jakarta kembali dilanda banjir. 

BPBD kabarnya sudah melakukan sejumlah langkah dengan melakukan evakuasi terhadap warga. Mereka juga mendirikan tenda-tenda di sejumlah lokasi yang berjumlah total 25.

Belum diketahui pasti bagaimana kondisi dan penanganan terkini banjir serta pengungsian di sejumlah lokasi. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Subejo, belum memberikan respons saat coba dikonfirmasi Indozone terkait hal itu.

Sebelumnya, banjir juga melanda sejumlah titik di Jakarta pada Kamis (20/2/2020). Saat itu, ada sekitar 46 RW dari 12 kecamatan dan 21 kelurahan di Jakarta yang terendam banjir.

Daerah Jakarta Barat menjadi wilayah yang paling terdampak banjir paling. Sebanyak 17 RW terendam dengan ketinggian air lima hingga 40 cm. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X