Nggak Cuma Cewek, Cowok Juga Suka Bergosip Lho!

- Jumat, 24 Mei 2019 | 17:58 WIB
Ilustrasi/calgarycasa
Ilustrasi/calgarycasa

Selama ini, menggosip atau membicarakan orang identik dengan para kaum wanita. Namun, baru-baru ini sebuah studi dalam jurnal Social Psychological and Personality Science mengungkapkan bahwa pria ternyata juga senang bergosip.

Bahkan, durasi menggosip mereka sama banyaknya dengan wanita. Penelitian ini melakukan pelacakan percakapan harian 467 peserta, yang terdiri dari 269 wanita dan 198 pria, yang rata-rata berusia 18 hingga 58 tahun.

Dalam penelitian ini, untuk melacak sekitar 12 persen dari percakapan harian para peserta studi, peneliti meggunakan alat perekam portabel, Electronically Activated Recorders (EARs).

Para peneliti juga melacak jenis gosip tentang selebriti, kenalan, dan juga jenis kelamin orang yang bergosip. Hasilnya, pria ternyata bergosip sama banyaknya dengan durasi wanita bergosip, yaitu 52 menit sehari per orangnya.

Pria muda disebut cenderung lebih banyak terlibat gosip negatif dibandingkan dengan pria yang lebih tua. Selain itu, diungkapkan juga bahwa pria ekstrovert lebih sering bergosip daripada mereka yang introvert.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa sekitar tiga perempat dari semua gosip tersebut netral. Akan tetapi, jumlah gosip negatif hampir dua kali lebih banyak daripada jumlah gosip yang positif. Topik gosip mereka bukan selebriti, melainkan tentang kenalan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X