Promosikan Sawit, Indonesia Lakukan Misi Dagang ke Taiwan

- Rabu, 11 Desember 2019 | 14:50 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau kebun sawit. (Setkab).
Presiden Jokowi saat meninjau kebun sawit. (Setkab).

Kementerian Perdagangan kembali melakukan misi dagang ke Taiwan. Salah satu misi yangg dibawa adalah mempromosikan kelapa sawit berkelanjutan Indonesia.

Pemerintah menegaskan, minyak kelapa sawit memainkan peranan penting dalam perekonomian Indonesia, salah satunya untuk pengentasan kemiskinan. 

Saat ini, Indonesia memasok 6,58 juta ton atau lebih dari setengah Certified Sustainable Palm Oil (CSPO) di pasar global berdasarkan skema Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO)

Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Arlinda mengatakan, pihaknya tewrus menggenjot ekspor Indonesia ke pasar global dengan menggencarkan misi dagang ke berbagai kawasan.

"Misi dagang ke Taiwan ini diharapkan dapat memfasilitasi para pengusaha Indonesia untuk mencapai target ekspor,” ungkap Arlinda dalam keteranganya, Rabu (11/12).

Pada 2018, total perdagangan Indonesia dan Taiwan tercatat mencapai USD 8,26 miliar. Pada periode tersebut ekspor Indonesia tercatat sebesar USD4,7 miliar, sementara impor Indonesia dari Taiwan tercatat sebesar USD 3,56 miliar. 

Indonesia merupakan pemasok batu bara ke Industri Taiwan. Sementara impor Indonesia dari Taiwan terdiri komponen elektronik, sirkuit elektronik, dan kain.

Surplus perdagangan nonmigas dengan Taiwan, mengalami peningkatan sebesar 372,17 persen pada periode Januari - September 2019 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X