Banjir di Pasuruan, Satu Warga Tewas dan Satu Orang Hilang Masih Dalam Pencarian

- Jumat, 5 Februari 2021 | 15:37 WIB
(Foto; BPBD Kabupaten Pasuruan)
(Foto; BPBD Kabupaten Pasuruan)

Banjir yang melanda Kabupaten Pasuruan mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan satu orang dinyatakan hilang.

Hingga saat ini tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas dan relawan masih terus melakukan pencarian terhadap korban yang hilang.

Untuk korban meninggal dunia diketahui berusia 70 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Sedangkan korban hilang merupakan perempuan yang berusia 19 tahun. 

Sementara itu, menurut data BPBD Kabupaten Pasuruan, hingga saat ini sebanyak 65 warga mengungsi dan 2.330 KK terdampak di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. 

Terdapat sembilan kecamatan yang mengalami dampak banjir yaitu Kecamatan Purwosari, Sukorejo, Pandaan, Prigen, Gempol, Beji, Bangil, Kraton dan Winongan. 

Pihak BPBD memperkirakan kerugian material mencakup 8 rumah rusak berat, sedangkan sebanyak 50 persen rumah di Dusun Genuk, Desa Pulungan, Kecamatan Gempol, mengalami kerusakan. Hingga saat ini BPBD masih melakukan pendataan.

Diketahui sebelumnya banjir terjadi karena meluapnya Sungai Kedunglarangan dan Sungai Kabeng Pulungan akibat tingginya intensitas hujan sejak beberapa waktu terakhir. 

Selanjutnya, berdasarkan informasi yang dirilis BNPB Pusat, menurut analisis InaRISK, kabupaten yang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah timur ini merupakan kawasan dengan potensi bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi. 

InaRISK mengidentifikasi terdapat 23 kecamatan yang berada pada potensi bahaya tersebut. Luas bahaya di sejumlah kecamatan ini mencapai luas bahaya 32.899 hektar. 

Dari sisi cuaca, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah Jawa Timur yang berpotensi hujan lebat dan dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang. Prakiraan cuaca ini berlaku pada hari ini hingga esok hari. Terpantau pada aplikasi info BMKG, prakiraan cuaca wilayah Bangil berawan hingga hujan sedang pada hari ini, Kamis (4/2/2021).

Menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi di puncak musim hujan ini, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga. Diskusikan dengan anggota keluarga terkait potensi risiko dan bahaya yang ada di sekitar. Ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi InaRISK, serta perangkat teknologi informasi lainnya, seperti Info BMKG.  

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X