Ano, Pemadam Kebakaran AS asal Indonesia yang Berjuang Padamkan Api di Hutan

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 14:22 WIB
Muhammad Yulfiano Gerwynaldo saat bertugas di California, Amerika Serikat. (Dok. Pribadi)
Muhammad Yulfiano Gerwynaldo saat bertugas di California, Amerika Serikat. (Dok. Pribadi)

Belum lama ini, tiga negara bagian di bagian barat Amerika Serikat, yakni California, Oregon, dan Washington dilanda kebakaran hebat. Menurut organisasi pemerintah, California Department of Forestry and Fire Protection (CAL Fire), kebakaran ini sebut-sebagai sebagai kebakaran terparah sepanjang sejarah.

Dilansir dari VOA Indonesia, salah satu yang menjadi anggota tim pemadam kebakarannya adalah warga negara Indonesia bernama Muhammad Yulfiano Gerwynaldo atau akrab disapa Ano. Tahun ini adalah pertama kalinya Ano terjun langsung secara resmi, sebagai pemadam kebakaran khusus untuk hutan di Amerika Serikat.

“Jadi di sini pemadam kebakaran ada yang khusus untuk gedung, structure fire fighters, sama pemadam kebakaran khusus untuk hutan,” ujarnya.

Sebelumnya, Ano juga sudah pernah menjadi relawan pemadam kebakaran tak dibayar. Bantuan dari para relawan ini biasanya sangat dibutuhkan di kota-kota kecil yang hanya menerima sedikit anggaran dari pemerintah.

“Tapi walaupun volunteer pun, yang minat banyak. Karena mereka pengin punya experience itu untuk bisa ditaruh di resume,” jelas pria yang berdomisili di Los Angeles sejak 2007 ini.

Setiap negara bagian di Amerika Serikat memiliki persyaratan yang berbeda bagi para calon pemadam kebakaran, baik khusus gedung atau hutan. Di California, selain harus berusia minimum 18 tahun dan memiliki sertifikat pendididikan khusus, seorang pemadam kebakaran gedung juga harus memiliki sertifikat EMT (Emergency Medical Technicians) atau sebagai teknisi ambulans, petugas kesehatan yang bisa memberikan bantuan darurat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X