Menag Yaqut Minta Tiap Acara Kemenag Diisi Doa Versi Semua Agama, Denny Siregar: Keren!

- Senin, 5 April 2021 | 19:22 WIB
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (Instagram)
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (Instagram)

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas meminta setiap acara yang berlangsung di bawah naungan Kementerian Agama diisi dengan doa dari semua agama di Indonesia.

Pernyataan itu ia sampaikan saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama secara daring dan luring yang berlangsung mulai Senin (5/4/2021) hingga Rabu (7/4/2021).

Yaqut ingin, doa yang dilantukan di dalam acara Kemenag tidak melulu cuma doa versi agama Islam saja.

"...akan lebih indah kalau doanya diberikan kesempatan semua agama untuk memberikan doa," kata Yaqut.

Menurut Yaqut, pernyataan itu merupakan otokritik terhadap institusi yang dipimpinnya.

Ia ingin agar Kemenag menjadi rumah bagi seluruh agama yang ada di Indonesia. Bahkan ia menyebut pembacaan doa untuk agama tertentu saja, tak ubahnya seperti acara organisasi kemasyarakatan.

"Jangan ini kesannya kita ini sedang rapat ormas kegiatan agama, ormas Islam Kementerian Agama. Kita sedang melakukan Rakernas Kementerian Agama yang di dalamnya bukan hanya urusan agama Islam saja," kata dia.

Yaqut menegaskan bahwa Kemenag harus menjadi contoh dalam menjunjung tinggi moderasi agama. Ia tidak ingin Kemenag yang menggembar-gemborkan moderasi beragama, namun pada praktiknya malah sebaliknya.

"Jadikan lebih enak dilihat jika semua agama yang menjadi urusan sama-sama menyampaikan doanya. Ini otokritik, jangan sampai muncul paradoks," katanya.

Menanggapi sikap Yaqut, pegiat media sosial pro-pemerintah Denny Siregar, memberikan ucapan  keren untuk Yaqut lewat cuitan di Twitter.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X