Intip Kebiasaan Rasulullah SAW Rayakan Idul Fitri, Salat Hingga Mendatangi Rumah Sahabat

- Jumat, 14 Mei 2021 | 12:54 WIB
Umat muslim melaksanakan shalat Idul Adha 1441 H di Masjid Raya Darussalaam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (31/7/2020). Meskipun pemerintah daerah setempat mengeluarkan surat imbauan untuk melaksanakan shalat id di rumah masing-masing, sejumlah m
Umat muslim melaksanakan shalat Idul Adha 1441 H di Masjid Raya Darussalaam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (31/7/2020). Meskipun pemerintah daerah setempat mengeluarkan surat imbauan untuk melaksanakan shalat id di rumah masing-masing, sejumlah m

Hari raya Idul Fitri dikenal dengan hari kemenangan bagi umat muslim, setelah melewati sebulan lamanya berpuasa menahan hawa nafsu. 

Idul Fitri juga merupakan hari raya besar bagi umat islam selain hari raya Idul Adha. Banyak masyarakat, khususnya di Indonesia menggelar berbagai macam acara perayaan yang sudah menjadi tradisi untuk menyambut Idul Fitri.

Berbicara mengenai tradisi, kira-kira apa saja sih yang menjadi tradisi Rasulullah SAW ketika menyambut datangnya Idul Fitri pada zamannya? 

Berikut telah Indozone rangkum dari berbagai sumber, mengenai beberapa hal yang dilakukan Rasulullah SAW ketika merayakan Idul Fitri di zamannya:

1. Takbir

Seperti difirmankan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185: "Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan puasa serta bertakbir (membesarkan) nama Allah atas petunjuk yang telah diberikan-Nya kepadamu, semoga dengan demikian kamu menjadi umat yang bersyukur".

Diriwayatkan Rasulullah SAW mengumandangkan takbir pada malam terakhir Ramadan hingga pagi hari satu Syawal.

2. Makan Kurma Sebelum Salat Idul Fitri

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa: "Pada waktu Idul Fitri Rasulullah SAW tidak berangkat ke tempat shalat sebelum memakan beberapa buah kurma dengan jumlah yang ganjil.” (HR. Ahmad dan Bukhari).

-
Unsplash/Jocelyn Morales

3. Salat Idul Fitri

Rasulullah SAW lalu menunaikan ibadah salat Idul Fitri bersama dengan keluarganya. Beliau menyelesaikan salat Idul Fitri  pada saat matahari sudah setinggi tombak atau sekitar dua meter.

Hal ini dimaksudkan agar umat Islam memiliki waktu yang cukup untuk menunaikan zakat fitrah.

-
Unsplash/Bisma Mahendra

4. Mengunjungi Rumah Sahabat

Tradisi silaturahmi, saling mengunjungi saat hari raya Idul Fitri ternyata sudah ada sejak zaman Rasulullah. Hal yang sama juga dilakukan Rasulullah dengan mengunjungi rumah para sahabatnya, begitu pun sebaliknya. 

Baik Rasulullah SAW maupun para sahabat yang berkunjung akan saling mendoakan di hari baik bulan baik, Idul Fitri.

-
Ilustrasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X