Viral Banner Parkir Gratis di Indomaret, Ini Aturan Soal Lahan Parkir

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:30 WIB
Banner parkir gratis di Indomaret (Twitter/@RDNADN)
Banner parkir gratis di Indomaret (Twitter/@RDNADN)

Indomaret belakangan menjadi perbincangan hangat netizen di media sosial. Penyebabnya adalah karena salah satu Indomaret di Bekasi Selatan menggratiskan parkir untuk konsumen.

Banner parkir gratis khusus konsumen Indomaret itu pun viral. Pihak Indomaret mengimbau konsumen melapor ke polisi jika ada yang meminta uang parkir.

Banner parkir gratis Indomaret ini pun disambut meriah netizen yang berharap kebijakan tersebut berlaku di semua cabang Indomaret di Indonesia.

Lalu, bagaimana peraturan soal lahan parkir?

Secara umum, aturan retribusi parkir tertuang dalam Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Pasal 110 ayat 1 huruf e menyebutkan retribusi parkir termasuk dalam retribusi jasa umum. Sementara mengenai teknis retribusi parkir di tempat umum diatur masing-masing daerah berdasarkan Perda.

Sementara itu, kepolisian mengatakan sudah berkoordinasi dengan Indomaret terkait parkir gratis ini. 

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing menyebut kebijakan itu bertujuan untuk mengurangi konflik perebutan lahan parkir di Bekasi.

"Indomaret juga selalu berkoordinasi terkait masalah parkiran itu jangan sampai diributkan atau diperebutkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Erna saat dihubungi wartawan, Rabu (27/10/2021).

Erna menyebut memang pihak Indomaret sendiri yang menginginkan tidak ada kutipan parkir untuk pengunjungnya. Adanya tukang parkir justru meresahkan pengunjung Indomaret.

"Kita berkoordinasi baik dengan Indomaret jangan sampai ada meresahkan masyarakat yang pengen belanja. Memang dari pihak Indomaret itu sendiri yang menginginkan tidak adanya biaya parkir," beber Erna.

Lebih jauh Erna menegaskan jika kebijakan bebas parkir di Indomaret sudah berlaku sejak lama. Bahkan disebutnya para pengunjung diimbau untuk tidak membayar parkir.

Erna menambahkan pihaknya siap menerima pengaduan dari masyarakat jika ada pihak yang mencoba menarik parkir dari Indomaret tersebut.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X