Satu Orang PDP Virus Corona di Aceh Meninggal Dunia 

- Senin, 23 Maret 2020 | 19:57 WIB
Ilustrasi pasien virus corona ditangani petugas medis (ANTARA)
Ilustrasi pasien virus corona ditangani petugas medis (ANTARA)

Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh meninggal dunia pada Senin (23/3/2020) sekitar pukul 12.45 WIB.

Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdul Gani menyebutkan, pasien tersebut pria berinisial AA berusia 56 tahun dan memiliki riwayat perjalanan ke transmisi lokal virus corona yakni Surabaya dan Bogor.

"Pasien ini belum bisa disimpulkan positif Covid-19, statusnya masih PDP," tuturnya.

Ia menjelaskan, pasien sebelumnya berangkat ke luar daerah pada Selasa (3/3/2020) lalu. Kemudian tiga hari berada di Kota Bogor dan juga tiga hari di Surabaya, selanjutnya kembali ke Aceh.

Pada Senin (16/3/2020), pasien tersebut berobat ke Rumah Sakit PT Arun Lhokseumawe, karena memiliki gejala sesak nafas. Namun kondisi semakin memburuk lalu dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

"Dalam perawatan rumah sakit (pasien) memiliki gejala sesak nafas, kemudian dilakukan pemeriksaan sesuai SOP penanganan pasien Covid-19. Pemeriksaan swab (sampel lendir) dan juga pemeriksaan penunjang lain," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif mengatakan pihaknya belum menerima hasil swab PDP pasien karena masih menunggu hasil laboratorium dari Badan Litabangkes Kementerian Kesehatan RI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X