Jangan Dibakar, Pemprov Riau Sediakan Alat Berat Gratis untuk Masyarakat Buka Lahan

- Rabu, 3 Maret 2021 | 12:38 WIB
Ilustrasi kebakaran lahan. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Ilustrasi kebakaran lahan. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pemerintah Provinsi Riau menyediakan sejumlah alat berat yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membuka lahan pertanian tanpa harus membakar lahan.

Langkah ini sebagai upaya agar tidak terulang lagi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Gubernur Riau Syamsuar dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Rabu, mengatakan bahwa pemerintah melarang keras masyarakat untuk membuka lahan khususnya gambut dengan membakar, karena berpotensi merusak lingkungan akibat kerusakan lahan gambut.

Maka dari itu, ia mengatakan Pemprov Riau menyediakan solusi yakni menyediakan alat berat untuk masyarakat membuka lahan.

"Kita juga memberi solusi kepada masyarakat yang ingin membuka lahan yaitu menggunakan ekskavator milik pemerintah daerah provinsi," katanya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa Pemprov Riau telah menyediakan alat pertanian berupa ekskavator yang kini ditempatkan di enam Unit Pelaksana Tugas (UPT) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau.

Oleh karena itu, masyarakat yang ingin membuka lahan, silahkan menghubungi Dinas PUPR Provinsi Riau.

"Sekarang pemerintah sudah menyiapkan itu (solusi), kita melarang membuka lahan dengan cara membakar. Ekskavator kami siapkan dan kami kerjakan, semoga dengan ini dapat membantu masyarakat kita yang ingin mengelola lahannya dan Pemerintah Provinsi Riau juga terbantu dalam mengatasi Karhutla," ujar Syamsuar.

Diketahui, Pemprov Riau sudah menetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak 11 Februari hingga 31 Oktober 2021.

Hal ini sebagai bentuk pencegahan karena Riau mengalami kemarau panjang dan sangat rentan terjadi kebakaran lahan gambut.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X