Bangkitkan Perekonomian, Jepang Cabut Pembatasan Perjalanan

- Jumat, 19 Juni 2020 | 20:56 WIB
Seorang anggota staf Japan Airlines yang mengenakan masker wajah dan sarung tangan membersihkan kabin pesawat setelah melakukan penerbangan domestik. (Photo/REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Seorang anggota staf Japan Airlines yang mengenakan masker wajah dan sarung tangan membersihkan kabin pesawat setelah melakukan penerbangan domestik. (Photo/REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Agar membantu membangkitkan perekonomian yang sempat turun akibat pandemi Covid-19, kini pemerintah Jepang telah mencabut seluruh larangan perjalanan domestik terkait Covid-19 pada Jumat (19/6/2020).

Hal itu disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Shinzo Abe melalui pidato negara. Ia juga telah mengizinkan masyarakatnya untuk menghadiri konser dan berjalan-jalan di taman wisata.

"Saya ingin orang-orang, sambil tetap mematuhi jarak fisik, untuk melakukan perjalanan wisata. Kami ingin Anda terlibat dalam kegiatan sosial dan ekonomi," kata Abe, Kamis (18/6/2020) malam.

Pelonggaran itu ditetapkan setelah berakhirnya masa darurat yang memungkinan orang untuk kembali beraktivitas dan bekerja seperti biasa. Namun, masih tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Perizinan tersebut juga untuk membantu kembali hotel, resor, dan area yang sangat bergantung pada sektor pariwisata dan kunjungan. Meski telah diizinkan, masih banyak warga Jepang yang menghindari keramaian.

Sementara itu, dua maskapai besar Jepang, ANA Holdings dan Japan Airlines Co, juga telah memulai kembali beberapa penerbangan domestik karena permintaan meningkat. Namun, penerbangan tersebut masih dibatasi karena jadwal penerbangan hanya mencakup setengah lokasi ketimbang sebelumnya tanpa Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X