Indonesia Resmi Resesi, Begini Saran Komisi XI untuk Pemerintah

- Kamis, 5 November 2020 | 14:07 WIB
Ilustrasi karyawan menghitung uang rupiah dan dolar AS. (ANTARA/Nova Wahyudiwsj)
Ilustrasi karyawan menghitung uang rupiah dan dolar AS. (ANTARA/Nova Wahyudiwsj)

Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun mengatakan pemerintah harus segera mengambil upaya-upaya untuk memulihkan ekonomi pasca mengalami resesi, dan terperosok hingga minus 3,49% pada kuartal III 2020.

"Upaya antisipasi risiko akibat resesi ekonomi, sehingga tidak tekanan pada sektor ekonomi tidak merembet pada sektor-sektor yang lain di luar sektor ekonomi," ucap Misbakhun kepada Indozone, Kamis (5/11/2020).

Ia mengingatkan bahwa tekanan pertumbuhan ekonomi saat ini datang karena adanya pandemi Covid-19. Maka, upaya pemerintah yang harus dilakukan adalah meningkatkan jumlah belanja bantuan sosial.

"Bantuan modal pada UMKM, dan anggaran kesehatan yang besar untuk program menangani Covid-19," ungkapnya.

Selain itu, politisi Partai Golkar ini mengimbau agar anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dinilai seharusnya semakin besar, dan lebih besar lagi untuk APBN tahun 2021 jika dibandingkan dengan program PEN di APBN 2020.

"Dan ruang lingkup dan cakupannya diperluas dan lebih dipertajam lagi sektor-sektor yang diberikan dukungan stimulus ekonomi," terang Misbakhun.

"Dukungan sektor korporasi tidak hanya untuk BUMN saja, tapi harus masuk ke sektor-sektor swasta menjalankan kegiatan bisnis dan menguasai pasar," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X