Wacana Bioskop Dibuka Lagi, Komisi IX: Apa Urgensinya?

- Jumat, 28 Agustus 2020 | 13:06 WIB
Silver Hall, salah satu hall terbesar di Flix Cinema MOI. (INDOZONE/M Fadli)
Silver Hall, salah satu hall terbesar di Flix Cinema MOI. (INDOZONE/M Fadli)

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 bisa memastikan jaminan keselamatan rakyat ketika membuka kembali bioskop dalam waktu dekat.

Netty menginginkan agar pihak Pemprov DKI dapat mempertimbangkan terkait perencanaan pembukaan bioskop secara regulasi, kesiapan, dan juga pelaksanaannya dengan baik.

“Pastikan regulasinya jelas dan lengkap mengatur soal jam tayang, kapasitas ruang, pembelian tiket, jaga jarak dan implementasi protokol kesehatan secara ketat karena keselamatan rakyat harus jadi prioritas,” ucap Netty dalam keterangannya, Jumat (28/8/2020).

“Pastikan bahwa wacana pembukaan bioskop ini bukan semata karena tekanan industri demi alasan pemulihan ekonomi,” tambahnya.

Berbicara mengenai waktu, Netty pun mempertanyakan apa daruratnya untuk membuka kembali bioskop, sedangkan hingga pada saat ini kasus Covid-19 di Jakarta masih tinggi, dan rentan terjadi penularan virus.

“Sebenarnya kurang tepat waktunya. Apa urgensinya? Bukankah kita masih berjuang melawan Covid-19, kenapa justru bioskop yang rentan menjadi klaster baru penyebaran virus mau dibuka?” ungkap Netty.

Maka dari itu pula, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai agak berlebihan, dan dibuat-buat jika alasan pembukaan bioskop adalah agar meningkatkan imunitas tubuh melalui hiburan.

“Kenapa hiburan harus dengan bioskop? Masih banyak cara yang lain. Lagi pula, dengan kecanggihan era digital saat ini, masyarakat dapat mengakses beragam film hanya melalui smartphone atau TV berlangganan tanpa harus ke bioskop,” tutupnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X