Yamko Rambe Yamko Disebut Bukan Lagu Papua, Ini Kata Arie Kriting

- Selasa, 30 Juni 2020 | 16:02 WIB
Arie Kriting. (Instagram/arie_kriting)
Arie Kriting. (Instagram/arie_kriting)

Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan kabar yang baru saja diunggah akun Twitter @PapuaItuKita. Akun tersebut menuliskan sebuah kabar yang sangat mengejutkan yang berkaitan dengan lagu daerah Yamko Rambe Yamko.

Selama ini, masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan irama dan lirik yang terdapat dalam lagu yang dikenal berasal dari Papua tersebut. Namun, siapa sangka, @PapuaItuKita justru membeberkan keterangan yang berbeda.

 

 

"Lagu Yamko Rambe Yamko, lagu daerah Irian Jaya/Papua Artis besar sampai anak sekolah menyanyi lagu itu. Coba cek tanya ke orang Papua itu lagu dari Papua mana, bahasa Papua mana? Orang Papua tidak tahu dan tidak mengakui itu sebagai lagu daerah. Siapa paksa jadi lagu Papua?" tulis @PapuaItuKita di media sosial Twitter, Selasa (30/6/2020).

Cuitan ini sontak langsung mendapat respons lebih dari 5 ribu warga Twitter serta 404 komentar yang didominasi oleh komentar terkejut sekaligus tidak menyangka.

Melalui IGTV, komika Arie Kriting yang berdarah Papua memberikan tanggapannya terkait viralnya lagu Yamko Rambe Yamko. Dalam video tersebut Arie sepakat bahwa tidak ada satupun suku di Papua yang mengakui asal muasal lagu tersebut.

"Kalau menurut saya kehebohan ini terjadi akibat kita tidak terlalu mengenal keanekaragaman budaya kita dari Sabang sampai Merauke. Kita hanya diajarkan Yamko Rambe Yamko adalah lagu daerah Papua, tapi ternyata orang Papua tidak tahu tentang bahasa lagu tersebut. Oleh sebab itu harus diperbaiki," kata Arie Kriting.

 

 

Ia juga menjelaskan bahwa lagu Yamko Rambe Yamko apabila dimasukkan ke dalam Google translate diartikan sebagai "Selamat datang selalu" yang berasal dari bahasa Swahili, Afrika.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X