Tulis 'Indonesia Terserah', Tenaga Medis Dinilai Mulai Apatis Atasi Corona

- Minggu, 17 Mei 2020 | 18:44 WIB
Ilustrasi tenaga medis pasien corona (ANTARA)
Ilustrasi tenaga medis pasien corona (ANTARA)

Sosiolog dari Universitas Indonesia (UI) Ida Ruwaida menyebutkan, viralnya tulisan “Indonesia Terserah” yang dilakukan oleh tenaga medis menunjukan sikap apatis dan pesimis atas upaya penanganan virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

“Sikap apatis dan pesimis ini dilatari dengan semakin rendahnya kepatuhan masyarakat dalam mjalankan aturan social atau physical distancing, bahkan stay at home,” ucap Ida kepada Indozone, Minggu (17/5/2020).

Sementara itu, Ida pun mengatakan tindakan itu dilatarbelakangi karena kasus penyebaran virus corona justru melaui mobilitas manusia. Artinya, sumber penebaran adalah manusia ke manusia yang tidak berdiam diri di rumah.

“Ketika tahap pencegahan atau preventif lemah, maka berimplikasi pada beratnya beban tenaga medis pada tahap kuratif atau penanganan PDP. Kondisi ini semakin berat jika para ODP, apalagi PDP positif tidak jalani isolasi mandiri,” ungkapnya.

“Jika PDP meningkat, maka beban tenaga medis meningkat, sementara mereka sendiri juga termasuk kelompok berisiko,” tambah Ida.

Senada dengan Ida, pengamat sosial lainnya, yakni Intan Erlita mengkhawatirkan jika pernyataan ‘Indonesia Terserah’ itu akan membuat para tenaga medis yang menjadi garda terdepan mundur dalam memerangi virus corona.

“Jadi ketika mereka berperang, tapi ketika melihat ke belakang, masyarakat cuek saja, jadi mereka merasa sia-sia perjuangannya. Jadi jangan sampai pada akhirnya nanti justru garda-garda terdepan kita ini mundur dari perangnya hanya karena merasa ngapain berjuang sendirian. Kalau sudah kayak gini, yang rugi siapa? Masyarakat Indonesia juga,” imbuh Intan.

Sekadar diketahui, pernyataan ‘Indonesia Terserah’ tersebut muncul ketika pemerintah melonggarkan transportasi umum, dan viral penumpukan penumpang yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X