Bantu Startup Lokal, Erick Thohir: Presiden Akan Luncurkan Merah Putih Fund 17 Desember

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 20:07 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12/2021).  (photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12/2021). (photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan Merah Putih Fund pada 17 Desember 2021 dalam rangka mendanai atau membantu pendanaan startup lokal.

"Karena itu nanti pada 17 Desember 2021 InsyaAllah Bapak Presiden Joko Widodo akan meluncurkan yang namanya Merah Putih Fund," ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Sabtu (11/12) dikutip dari ANTARA.

Ia menambahkan Merah Putih Fund akan diluncurkan dengan tiga benang merah yakni pendirinya orang Indonesia, beroperasional di Indonesia, dan terakhir go public-nya di Indonesia.

Erick Thohir melihat saat ini startup atau usaha rintisan karya anak bangsa mendapatkan investasi atau didanai oleh asing.

Baca juga: Mensos Risma Hibur Anak-anak Pengungsi Bencana Gunung Semeru, Ajak Bernyanyi Bersama

"Kita jangan menyalahkan kalau startup-startup Indonesia didanai oleh asing kita marah, ini karena kita belum peduli pada saat itu," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri Erick Thohir ingin perusahaan pelat merah melakukan intervensi ke sektor digital untuk merangkul startup agar nasionalis.

Pernyataan itu dia sampaikan menanggapi banyak perusahaan startup Indonesia yang pindah ke Singapura dan meraih pendanaan dari pihak asing.

Erick Thohir menyampaikan pemerintah akan meluncurkan Program Merah Putih Fund yang didukung oleh Telkom dan Telkomsel untuk mendanai perusahaan startup Indonesia. Program itu akan diluncurkan langsung oleh Presiden Jokowi pada pertengahan Desember 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X