Lokasi Formula E di Ancol Berpotensi Terjadi Banjir Rob, Wagub DKI Angkat Bicara

- Rabu, 22 Desember 2021 | 15:05 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memberikan tanggapan terkait lokasi penyelenggaraan Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara yang berpotensi terjadi banjir rob.

Pasalnya diketahui beberapa waktu lalu, banjir rob sempat menghantam wilayah pesisir ibu kota atau kawasan Jakarta Utara dikarenakan adanya tanggul yang jebol.

Oleh karena itu, Riza berharap banjir rob tidak menimpa wilayah pesisir Jakarta saat ajang balap mobil bertenaga listrik tersebut digelar pada Juni 2022 mendatang.

"Soal potensi ada banjir rob itu juga menjadi pertimbangan kita semua," ucap Riza di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Resmi Diumumkan, Formula E akan Digelar di Ancol

"Mudah-mudahan pada pelaksanaannya tidak ada banjir, dan ini juga menjadi perhatian kita untuk melakukan berbagai antisipasi," tambahnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni mengatakan, terdapat beberapa hal yang menjadi alasan memilih Ancol lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E.

"Adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami adalah venue yang ikonik, yang khas Jakarta, namun juga sesuai dengan standar FEO dan FIA. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tidak mengganggu fasilitas umum," ucapnya, Rabu (22/12/2021).

"Seperti kita ketahui, jika diadakan di area Gelora Bung Karno maupun Sudirman, maka dibutuhkan penutupan selama beberapa hari, dan hal itu tentunya tidak memungkinkan. Begitu juga di Monas,” tambah Sahroni.

Selain itu, Sahroni menyebutkan jenis jalan yang dimiliki Ancol sangat mirip dengan spesifikasi sirkuit untuk Formula E dari FEO dan FIA. Rencananya, sirkuit akan selesai pada Bulan April 2022 mendatang.

“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan track akan dapat dilakukan dengan cepat," terangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X