Tradisi Unik Saat Lebaran dari 7 Negara di Dunia

- Senin, 3 Juni 2019 | 14:28 WIB
Daily Jang
Daily Jang

Setelah sebulan lamanya melakukan ibadah Ramadan, momen Lebaran adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai hari kemenangan. Tentunya, setiap daerah dan negara memiliki tradisi yang berbeda-beda untuk menyambut Lebaran. Seperti tujuh negara di dunia ini yang punya tradisi unik ketika momen Lebaran tiba.

1. India, Pakistan, Bangladesh
Di negara ini, para perempuan bersama-sama melakukan tradisi Chand Raat di penghujung Ramadan. Tradisi ini identik dengan memberikan warna kepada anggota tubuh. Biasanya, bagian tubuh yang di cat adalah kaki dan tangan menggunakan henna. Bukan hanya diwarnai, tapi juga dilukis dengan bentuk-bentuk ornamen unik. Selain tradisi ini, perempuan akan berbagi dan bertukar makanan manis.
-
(Source: Instagram/@adeelasmehndi)
2. Turki
Ramadan Bayram atau Seker Bayrami adalah nama tradisi yang dilakukan oleh orang Turki menjelang hari-hari terakhir bulan Ramadan. Tradisi ini identik dengan pembagian manisan seperti permen atau cokelat.
-
(Source: Turkey Homes)
3. China
Negara China juga punya tradisi unik menyambut Lebaran. Biasanya, umat Muslim di China khususnya di Provinsi Yunnan pergi mengunjungi makam gubernur pertama Yunnan, Sayyid Ajjal Shams Al Din Omar. Dia juga yang mengenalkan Islam kepada warganya. Para warga mendoakan, membaca Al-Qur'an dan membersihkan makam agar tetap bersih.
-
(Source: Xinhua)
4. Mesir
Tradisi Lebaran di Mesir adalah masyarakat akan berkumpul pada satu tempat dan memakan makanan yang khas dengan Lebaran yaitu Ranja. Makanan ini berasal dari campuran ikan asin dan acar. Momen makan bersama ini selalu dilakukan setiap tahun agar silaturahmi antar sesama tetap terjaga.
-
(Source: Pixabay)
5. Afganistan
Umat Muslim di Afganistan biasanya melakukan tradisi unik yang dinamai Tokhm-Jangi atau lebih dikenal dengan adu telur. Pada momen ini, seseorang berkompetisi saling memecahkan telur rebus. Telur yang pecah akan menandakan seseorang kalah. Tradisi ini biasanya dilakukan pada satu tempat tertentu oleh segala usia dan kalangan.
-
(Source: Gooya Daily)
6. Tunisia
Di hari kemenangan setelah salat Ied, masyarakat Tunisia akan berkumpul dan memakan roti khas yaitu Baklawa dan Kaak. Saat momen Lebaran, di Tunisia juga diisi oleh tarian-tarian dan bermain musik. Anak-anak di sana juga mendapatkan uang dan makanan setelah salat Ied dan berkunjung ke rumah orang yang lebih tua untuk silaturahmi.
-
(Source: Pixabay)
7. Indonesia
Indonesia merupakan negara mayoritas Muslim yang punya keragaman tradisi, baik sebelum maupun sesudah momen Lebaran. Sebelum Lebaran, biasanya dikenal dengan istilah "mudik" yaitu pulang kembali ke kampung halaman. Selain itu, tradisi saat Lebaran tiba adalah sungkeman. Di tradisi ini, orang yang lebih muda akan meminta maaf dan membungkukkan badan kepada orang yang lebih tua.
-
(Source: ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X