Kisah Menyayat Hati Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal karena Kecelakaan

- Rabu, 12 Agustus 2020 | 14:49 WIB
Ayah gantikan wisuda anaknya yang sudah meninggal. (Istimewa)
Ayah gantikan wisuda anaknya yang sudah meninggal. (Istimewa)

Kisah pilu datang dari seorang ayah di Makassar. Muh Arif Bochari (50) harus menggantikan wisuda putrinya yang sudah meninggal. Sang putri yang diketahui bernama Andi Musdalifah Arif (20) meninggal karena kecelakaan pada Mei lalu tepatnya saat Idul Fitri.

Sebelum kejadian, Musdalifah telah menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S!) di jurusan Ilmu Perpustakaan di UIN Alauddin, Makassar. Mudalifah adalah anak yang berprestasi. Ia lulus dengan IPK 3,90 atau cumclaude. Namun, sayangnya penghargaan tersebut tak bisa diterimanya langsung.

-
Afi Bochori gantikan wisuda anaknya yang meninggal karena kecelakaan. (Istimewa)

Ayah Musdalifah mengatakan bahwa ada banyak mimpi yang ingin digapai Musdalifah setelah lulus. Salah satunya, Musdalifah ingin melanjutkan pendidikan ke Kediri, Jawa Timur. Meski sedih, Arif mengaku terharu sekaligus bangga karena anaknya lulus dengan nilai sempurna.

Suasana haru menghiasi prosesi wisuda. Arif juga terlihat begitu tegar saat naik ke atas panggung mengambil ijazah anaknya. Saat melangkah ke panggung, Arif disambut dengan tepuk tangan yang gemuruh dari wisudawan lainnya.

Rektor UIN Alauddin, Hamdan Juhannis memberikan langsung ijazah Musdalifah. Hamdan dan jajarannya sangat bangga dan mengapresiasi pencapaian Musdalifah.

"Sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada mahasiswi kami yang meninggal dunia, kami memberikan langsung ijazah kepada orang tuanya dan menyalaminya tanpa ada sekat di tengah pandemi COVID-19 saat ini," kata Hamdan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X