Tanggal 17 Juli Hari Emoji Dunia, Begini Sejarah dan Asal Mula Emoji

- Jumat, 17 Juli 2020 | 10:15 WIB
Hari Emoji. (Medium)
Hari Emoji. (Medium)

Emoji yang merupakan sebuah gambar digital untuk menyampaikan ide, kian digunakan secara luas untuk mengekspresikan berbagai emosi. Seiring dengan penggunaan aplikasi pesan, penggunaan emoji kini menjadi bagian dari berkomunikasi.

Tanggal 17 Juli enam tahun lalu, CEO Emojipedia, Jeremy Burge, menginisiasi adanya Hari Emoji Dunia. Burge menilai kemunculan ide dalam membuat emoji perlu dirayakan.

Pada saat itu dukungan untuk emoji agak terbatas pada ponsel non-Apple. Menariknya, emoji kalender yang ada pada perangkat iOS hanya menunjukkan tanggal 17 Juli.

Tanggal 17 kemudian dipilih menjadi Hari Emoji Dunia karena merupakan satu-satunya tanggal yang mewakili penggunaan emoji.

"Setelah awalnya berencana untuk membuat Hari Emoji Dunia pada akhir tahun (saya mempertimbangkan 21 November, hari Apple membawa emoji ke iPhone), pertengahan Juli, tepatnya 17 Juli menjadi tanggal yang pas," kata Burge, seperti yang dikutip dari laman emojipedia, Jumat (17/7/2020).

Sejarah dan awal mula emoji

Set emoji pertama dibuat pada tahun 1997. Dikutip dari situs emojitimeline, SoftBank, yang saat itu dikenal sebagai J-Phone, merilis ponsel SkyWalker DP-211SW pada 1 November 1997 dengan set emoji pertama di dunia. Ada 90 karakter emoji yang berbeda-beda dalam set ini.

Desain emoji Softbank ternyata sangat memengaruhi emoji Apple yang dirancang agar  kompatibel dengan perangkat ini saat diluncurkan di Jepang. iPhone sendiri merupakan ponsel eksklusif SoftBank saat pertama kali dirilis.

Shigetaka Kurita menciptakan 176 emoji untuk perilisan layanan internet seluler terpadu operator seluler Jepang "i-mode" NTT DoCoMo. Shigetaka Kurita memulai debutnya pada Februari 1999.

Karena hanya memungkinkan 250 karakter, Shigetaka Kurita akhirnya mencari cara agar bisa berkomunikasi secara ekspresif namun tetap singkat.

Hingga akhirnya, emoji pun semakin berkembang setelah dirilisnya MSN Messenger 6 pada 2003 silam. Ada 30 emoticon yang diperkenalkan oleh MSN.

Pengguna juga bisa mengubah file gambar apa pun menjadi emoticon. Selain itu, pengguna juga bisa menghubungkan pintasan keyboard khusus ke emoticon tertentu.

Kemudian, pada tahun 2006, Google mulai mengkonversi emoji Jepang ke kode penggunaan pribadi Unicode, perusahaan  nirlaba yang mengabdikan diri untuk mengembangkan, memelihara, dan mempromosikan standar dan data internasionalisasi perangkat lunak.

Pada tahun 2008, Apple resmi merilis emoji di pembaruan iOS 2.2 untuk pasar Jepang. Setahun setelahnya, karakter Unicode pertama, yang secara eksplisit dimaksudkan sebagai emoji, ditambahkan ke Unicode 5.2. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X