Soal Pengganti Listyo Sigit sebagai Kabareskrim, Begini Pesan Anggota Komisi III DPR

- Selasa, 26 Januari 2021 | 10:18 WIB
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah). (ANTARA/Galih Pradipta)
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah). (ANTARA/Galih Pradipta)

Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menjadi Kapolri. Teka-teki sosok siapa yang akan menggantikan Listyo untuk menempati posisi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri kini menjadi sorotan.

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengatakan, kewenangan mengangkat Kabareskrim ada sepenuhnya di tangan Kapolri. Namun, sesuai Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010, harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Presiden

“Saya memahami sepenuhnya bahwa untuk menunjuk dan menetapkan Kabareskrim bukan persoalan yang mudah dan harus terukur,” ujar Didik kepada Indozone, Selasa (26/1/2021).

Ia pun memahami bahwa banyak perwira tinggi di tubuh Korps Bhayangkara yang sama-sama mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang tinggi, sehingga penentuannya harus proper dan profesional.

Namun demikian, Didik mengingatkan bahwa tugas dari Bareskrim adalah unsur pelaksana tugas pokok di bidang reserse kriminal yang berada di bawah Kapolri. Tentu kapasitas, kapabilitas dan kompetensi Kabareskrim ke depan harus juga sesuai dengan tugasnya dalam membantu Kapolri.

“Untuk membina dan menyelenggarakan fungsi penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, pengawasan dan pengendalian penyidikan, penyelenggaraan identifikasi, laboratorium forensik dalam rangka penegakan hukum serta pengelolaan informasi kriminal nasional,” tutur Didik.

Selain itu, Didik berharap sosok Kabareskrim ke depannya mampu meneruskan legacy dan kinerja Kabareskrim sebelumnya termasuk Listyo Sigit Prabowo. 

“Dan yang tidak kalah utama, Kabareskrim ke depan harus mampu menjadi bagian sukses dari Visi, Misi, Program, serta konsep Pak Listyo sebagai Kapolri dalam konteks Transformasi Polri yang Presisi,” kata dia.

“Apabila transformasi yang digagas Pak Listyo berjalan lancar dan baik, maka terbuka kemungkinan akan mewujudkan polisi yang lebih humanis dan berorientasi sipil/civilian police,” tambah Didik.

Sebelumnya Indonesian Police Watch (IPW) menilai ada empat nama anggota Polri yang bakal bersaing menempati posisi itu.

"Untuk posisi Kabareskrim beredar kabar sedikitnya ada empat calon," kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dalam keterangan tertulisnya seperti yang diterima Indozone, Kamis (21/1/2021).

Keempat nama itu antara lain Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Kapolda Jabar Irjen Pol Dofiri dan Wakabareskrim Polri Irjen Pol Wahyu Hadiningrat.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X