Jadi Perhatian Utama, Baskami: Pembangunan Jalur Alternatif Medan - Karo Selesai Tahun Ini

- Selasa, 25 Januari 2022 | 12:58 WIB
Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting tatkala menerima kunjungan Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Deli Serdang, Kepala Dinas PUPR Deli Serdang di ruang kerjanya. (Warta DPRD Sumut/Istimewa).
Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting tatkala menerima kunjungan Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Deli Serdang, Kepala Dinas PUPR Deli Serdang di ruang kerjanya. (Warta DPRD Sumut/Istimewa).

Progres pembangunan dua jalur alternatif, Medan - Tanah Karo menjadi salah satu perhatian utama, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting. 

Betapa tidak menjadi perhatian? Menurut Baskami, persoalan jalur tersebut sangat mendesak, mengingat jalan utama Medan - Brastagi, Tanah Karo sering mengalami kemacetan akibat longsor. 

Dia katakan, pihaknya telah berulang kali berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Juga kementerian terkait termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)  karena akses kedua jalan tersebut menembus kawasan hutan lindung. 

"Saya ingin realisasi pembangunan kedua jalan alternatif ini harus selesai tahun ini. Anggarannya sudah dialokasikan pada APBD 2022 dengan pembayaran tahun jamak (multiyears). Pihak ketiga yang mengerjakan proyek itu harus menyelesaikannya sesuai batas waktu yang disampaikan Gubernur Sumatera Utara," ujar Baskami, seperti yang dikutip indozone, Selasa (25/1/2021).

Hal tersebut disampaikannya, tatkala menerima kunjungan Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Deli Serdang, Kepala Dinas PUPR Deli Serdang di ruang kerjanya. 

BACA JUGA: Masyarakat Madina tak Terhalang Jarak Lagi, Imigrasi Sibolga akan Resmikan UKK

Dia juga menuturkan, pihaknya mendorong pembangunan kedua jalur alternatif itu, tak hanya untuk kebaikan masyarakat Karo dan Deli Serdang saja, melainkan masyarakat Sumut secara keseluruhan. 


"Saya sebagai Ketua DPRD Sumut, meminta peran masyarakat untuk mengawasi pembangunan ini. Saya mendorong percepatan realisasi proyek ini, tanpa ada imbalan satu rupiah pun. Saya ingin kedua jalur ini terbangun untuk kebaikan kita semua, mengingat pembangunan jalan tol masih terlalu jauh," jelasnya. 


Dia juga menjelaskan, dirinya telah menghubungi Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Sumatera Utara. Menurutnya, proses pembangunan tersebut telah masuk tahap tender proyek oleh pihak ketiga dan pengerjaannya dalam waktu dekat ini. 

"Pemprov membangun  jalur sejajar yakni  Medan–Simpang Tuntungan -Kutalimbaru-Sembaikan-Lau Gedang-Berastagi. Kemudian mengerjakan jalur Desa Rumah Liang Kecamatan STM Hulu (Deliserdang)," jelasnya. 


Diharapkan dari kedua arah jalur tersebut baik Karo dan Deli Serdang membuka akses dan dampak ekonomi poistif bagi warga sekitar di samping mengurangi beban jalur utama yang kian padat. 

Diketahui, sebelumnya saat menjadi Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut, Baskami Ginting juga mendorong pembangunan jalur alternatif Karo-Langkat yang melewati Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingei. 

Saat ini, jalur tersebut telah dibangun dan dapat diakses oleh masyarakat yang akan berpergian ke Tanah Karo maupun sebaliknya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X