Fadli Zon Kritisi Penggunaan Bahasa Indonesia yang Kerap Salah di Baliho: Sekedar Koreksi!

- Senin, 2 Agustus 2021 | 15:21 WIB
Politikus Partai Gerindra Fadli Zon (YouTube/Fadli Zon Official)
Politikus Partai Gerindra Fadli Zon (YouTube/Fadli Zon Official)

Politikus Partai Gerindra Fadli Zon mengomentari perihal penggunaan bahasa Indonesia yang kerap terjadi kesalahaan di baliho. Untuk itu, Fadli Zon mengajak agar dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Komentar itu diutarakan Fadli Zon melalui unggahan di akun Instagramnya pada Senin (2/8/2021).

"Mari gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar apalagi dalam bentuk baliho besar yang terpampang ke seantero negeri," tulis Fadli Zon dikutip Indozone.

Fadli Zon menuturkan bahwa kerap kali terjadi kesalahan saat menuliskan kata 'kebinekaan' di dalam baliho. Dia pun memberikan koreksi penulisan kata yang benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

"Menurut KBBI, yang benar itu “kebinekaan” bukan “kebhinnekaan”. Tapi kelihatannya semua baliho sudah dipajang. Sekedar koreksi," terang dia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fadli Zon (@fadlizon)

Menurut dia, kesalahan dalam menuliskan kata bahasa Indonesia bisa merubah arti kata tersebut. Misalnya kesalahan dalam menuliskan kata 'kebinekaan'.

"Kebinekaan” artinya keberagaman, berbeda-beda Harusnya bukan keberagaman (perbedaan) yang ditonjolkan, tapi persatuan dalam keberagaman itu. Unity in diversity, “Bhinneka Tunggal Ika” dlm serat “Kakawin Sutasoma” karya Mpu Tantular. Jadi janga kita kepakkan sayap perbedaan, tapi persatuan," tutup dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X