11 Bom Lontong Milik Teroris MIT Berhasil Dimusnahkan Satgas Madago Raya

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 14:40 WIB
Ilustrasi Densus 88 menangkap teroris. (ANTARA/Didik Suhartono)
Ilustrasi Densus 88 menangkap teroris. (ANTARA/Didik Suhartono)

Satgas Madago Raya baru saja berhasil memusnahkan barang bukti berupa 11 bom lontong milik kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah. Barang bukti tersebut diketahui merupakan barang bukti yang berhasil disita sejak tahun 2020.

"11 buah bom lontong yang dilakukan disposal (pemusnahan) merupakan barang bukti sitaan Satgas Madago Raya selama tahun 2020 dan 2021," kata Wakasatgas Humas Operasi Madago Raya, AKBP Bronto Budiono dalan keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (29/8/2021).

Pemusnahan bom tersebut dilakukan oleh tim Gegana pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021. Lokasi pemusnahan berlangsung di markas Kompi I Batalyon B Satbrimob Polda Sulteng.

Sebelas bom tersebut terbagi menjadi dua jenis. Namun, daya ledak dari 11 bom tersebut dinilai cukup tinggi.

"11 bom lontong tersebut terdiri 10 buah bom pipa PVC dan satu bom pipa besi yang kesemuanya memiliki daya ledak tinggi," beber Bronto.

BACA JUGA: Anggaran Penanganan Covid Tahun 2022 Turun, Anggota DPR: Jangan Korbankan Insentif Nakes

Lebih jauh Bronto menyebut pemusnahan barang bukti ini sebagai bentuk antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dikhawatirkan bom ini dapat meledak suatu saat jika tidak dimusnahkan.

"Untuk menghindari risiko bahaya dalam penyimpanan barang bukti bom lontong maka dilakukan disposal atau dimusnahkan dengan cara diledakkan," pungkas Bronto.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X