Reuni 212 Dilarang, Tapi Kok Ada Demo di Dalam Polda Metro?

- Kamis, 2 Desember 2021 | 18:16 WIB
Lomba orasi Piala Kapolri di Polda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Lomba orasi Piala Kapolri di Polda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Polda Metro Jaya diketahui tidak memberikan izin reuni 212 yang direncanakan digelar di Patung Kuda, Jakarta hari ini. Larangan sudah bergema sejak kemarin namun, di dalam Polda Metro Jaya sendiri malah ada aksi demo dan orasi dari sejumlah elemen massa.

Ternyata, demo dan orasi ini merupakan rangkaian kegiatan Lomba Orasi Unjuk Rasa 2021 dengan memperebutkan piala Kapolri. Kegiatan ini digelar diseluruh Polda jajaran termasuk Polda Metro Jaya.

"Lomba unjuk rasa ini merupakan lomba yang digagas oleh Bapak Kapolri. Jadi ini Piala Kapolri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan dalam sambutanya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Kegiatan lomba ini diikuti oleh seluruh Polda jajaran Polri diseluruh Indonesia. Nantinya, setiap Polda akan mengirim satu pemenang lomba orasi untuk ikut berlomba di Mabes Polri.

Baca juga: Habib Rizieq Beri Pesan dan Beberkan Kondisi Terkini di Reuni 212 dari Rutan: Sehat & Aman

"Tentunya kegiatan ini sebagai bentuk sikap Polri mendukung penyampaian pendapat dimuka umum," beber Zulpan.

Lomba ini sendiri digelar dalam rangka memperingati hari HAM. Peserta lomba di Polda Metro Jaya ada sebanyak 17 rombongan peserta yang menampilkan aksi demo hingga orasi-orasi.

Pemenang juara satu lomba di Polda Metro Jaya sendiri dimenangkan oleh rombongan Lutfi yang mengangkat tema orasi bertajuk Hak Kaum Petani. Rombongan ini akan mewakilkan Polda Metro Jaya untuk mengikuti lomba di Mabes Polri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X