Jelang Vaksinasi Semester 2, Menkes: Kita Sangat Butuh Bantuan IDI

- Minggu, 18 April 2021 | 21:21 WIB
Ilustrasi vaksin. (Pexels/Cottonbro)
Ilustrasi vaksin. (Pexels/Cottonbro)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dapat membantu pemerintah menjelang vaksinasi Covid-19 pada semester kedua 2021. Hal itu mengingat jumlah vaksinasi yang akan didistribusikan direncanakan meningkat dua kali lipat per harinya, jika dibandingkan dengan semester pertama.

"IDI sudah sangat membantu terutama dari tenaga dokter dan tenaga kesehatan. Bantuan itu akan lebih dibutuhkan lagi untuk di semester kedua. Jumlah suntikan akan lebih banyak, yaitu di atas 1 juta suntikan per harinya. Jadi kita sangat butuh bantuan dari teman- teman IDI untuk membantu penyuntikan dan juga mengoordinasi penyuntikan vaksin secara besar-besaran di Indonesia," kata Budi dikutip dari Antara, Minggu (18/4/2021).

Pada semester 1 2021, tercatat sudah ada 16,5 juta penerima vaksin yang terdiri dari fase 1 untuk tenaga kesehatan dan fase 2 untuk warga lanjut usia (lansia) serta pekerja publik.

Secara keseluruhan pemberian vaksin Covid-19 di Indonesia ditargetkan dapat selesai hingga akhir tahun 2021 dengan jumlah penerima vaksin sebanyak 181,5 juta warga.

BACA JUGA: Ridwan Kamil: Tersangka Korupsi Siti Aisyah Bukan Kakak Ipar Saya

Menurut data Kemenkes, penerima vaksinasi paling rendah di semester 1 adalah warga lansia. Sehingga pemerintah membutuhkan IDI untuk menggerakkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator, Kemenkes juga membutuhkan IDI untuk sosialisasi dan inovasi agar lansia sebagai kelompok rentan dapat menerima vaksin Covid-19 lebih masif lagi.

"Lansia ini golongan berisiko tinggi, tapi menjangkaunya relatif tidak mudah. Sehingga banyak orang kategori lansia yang belum disuntik (vaksin Covid-19). Jadi saya butuh bantuan sekali dari IDI mengingat di Lebaran ini belum tentu bisa 100 persen kita mampu menahan mobilitas, saya ingin pastikan golongan lansia sebagian besar pada pertengahan Mei ini sudah divaksin," tandasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X