Seorang Ayah Berkeliling Tiongkok Cari Anaknya yang Diculik, Menemukannya Setelah 24 Tahun

- Kamis, 15 Juli 2021 | 18:05 WIB
Setelah 24 tahun, pria ini akhirnya bisa menemukan anaknya yang hilang. (Photo/Reuters)
Setelah 24 tahun, pria ini akhirnya bisa menemukan anaknya yang hilang. (Photo/Reuters)

Seorang pria dari Tiongkok yang menghabiskan 24 tahun mengendarai sepeda motor melintasi negeri untuk mencari putranya yang hilang akhirnya menemukannya. Pengalamannya yang luar biasa itu menginspirasi film tahun 2015, berjudul "Lost and Love" yang dibintangi oleh aktor Hong Kong, Andy Lau.

Guo Gangtang mengungkapkan bahwa dia menemukan putranya di Provinsi Henan, Tiongkok Tengah, setelah lebih dari dua dekade. Putranya diculik oleh pedagang manusia ketika dia baru berusia dua tahun.

Menurut Kementerian Keamanan Publik Tiongkok, tes DNA memungkinkan polisi untuk menentukan identitas putranya dan dua tersangka akhirnya ditahan. Dilansir dari Global Times, Kamis (15/7/2021), Guo dan istrinya tidak bisa menahan air mata dan memeluk putra mereka ketika keluarga itu akhirnya bersatu kembali di Liaocheng, Shandong.

Menurut South China Morning Post, pada 21 September 1997, seorang wanita menculik putra Guo saat dia sedang bermain sendirian di luar rumahnya di desa Liaocheng. Saat itu, dia baru berusia dua setengah tahun.

-
(Photo/Reuters)

Baca juga: Influencer Meninggal Usai Kehilangan Pijakan dan Jatuh dari Tebing saat Mengambil Foto

Kedua tersangka yang merupakan pasangan pada saat itu melihat putra Guo bermain sendirian di luar rumahnya. Tersangka wanita, Tang, menangkapnya dan membawanya ke stasiun bus, di mana pasangannya, Hu, sedang menunggu. Pasangan itu kemudian naik bus antarkota ke provinsi tetangga Henan dan menjual anak itu di sana.

Sejak itu, Guo tanpa lelah mencetak foto putranya dan informasi dasar di selebaran yang tak terhitung jumlahnya untuk dibagikan kepada siapa pun yang ditemuinya di jalan dengan harapan mendapatkan informasi tentang keberadaan putranya.

Hilangnya putranya sangat mengejutkan Guo sehingga berat badannya turun dari 80kg menjadi 60kg dan rambutnya memutih pada bulan pertama setelah penculikan.

Namun, dia menolak untuk menyerah dan memulai pencarian selama dua dekade setelah upaya awal tidak menemukan jejak putra kesayangannya. Guo berkeliling Tiongkok dengan sepeda motornya, membawa bendera dengan gambar putranya yang hilang dan tas penuh selebaran.

“Banyak orang mengatakan saya adalah ayah yang hebat. Tapi aku tidak hebat sama sekali. saya tidak berdaya. Saya hanya kurang berani untuk memulai kembali hidup setelah mengalami kesulitan yang luar biasa. Karena itu, saya terus mencari,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X