Bobby Nasution Rencana Gali Terowongan Bikin Parkir Bawah Tanah Lapangan Merdeka

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:17 WIB
Bobby Nasution saat melakukan peninjauan proyek jalan. (Instagram/Bobby Nasution)
Bobby Nasution saat melakukan peninjauan proyek jalan. (Instagram/Bobby Nasution)

Wali Kota Medan Bobby Nasution berencana mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan mempertahankan pelestarian sejarah.

Salah satunya dengan melakukan revitalisasi dan membebaskan Lapangan Merdeka dari bangunan-bangunan yang ada disekitarnya.

"Nantinya Pemko Medan juga akan membangun parkiran bawah tanah yang letaknya dibawah Lapangan Merdeka," kata Bobby Nasution seperti yang dikutip dari pernyataan dalam media sosialnya, Rabu (27/10/2021).

Parkiran bahwah tanah akan dibangun di bawah Lapangan Merdeka untuk menghubungan Lapangan Merdeka, Kawasan Kota Lama Kesawan, Stasiun Kereta Api dan Hotel Grand City Walk.

Sedangkan resapan air dari ruang terbuka publik di atas basement parkir akan disalurkan ke collector tunnel raksasa di sisi Utara sehingga tidak membebani saluran drainase di luar Lapangan Merdeka.

-
Rencana Wali Kota Bobby Nasution kembalikan fungsi lapangan Merdeka. (Ist)

 

Menurut Bobby Lapangan Merdeka dan kawasan kota lama Kesawan memiliki potensi yang layak untuk dijadikan cagar budaya.

"Oleh karena itu merevitalisasi keduanya adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kelestarian budaya serta meningkat PAD di kota Medan," sebutnya.

Namun rencana besar Bobby menyisakan persoalan terkait dengan keberadaan Merdeka City Walk yang sudah menjadi ikon kota Medan.

-
Rencana Wali Kota Bobby Nasution kembalikan fungsi lapangan Merdeka. (Ist)

 

Sementara itu tenant yang berada di Merdeka Walk akan dipindahkan ke kawasan kota lama Kesawan.

Dia menyebut dalam rencana revitalisasi lapangan Merdeka akan mempertahankan kelestarian pohon-pohon di sekitarnya.

Lapangan Merdeka akan menjadi lokasi cagar budaya sebagai ruang terbuka kota bersejarah dengan adanya panggung rakyat, museum kota Medan dan Medan City Planning Gallery.

"Apa yang kami lakukan ini bukanlah wacana. Maka, secara matang kami persiapkan dengan sebaik mungkin hingga melahirkan hasil terbaik," sebutya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X