Banyak Warga Sipil yang Ingin Pakai Pelat RFS, Ternyata Ini Alasannya

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:28 WIB
Pelat khusus 'RFS'. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Pelat khusus 'RFS'. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Polda Metro Jaya mengungkap alasan masyarakat sipil ingin memiliki pelat nomor RF termasuk RFS seperti yang digunakan oleh selebgram Rachel Vennya. Alasannya ternyata karena masyarakat sipil ingin mendapat privilege.

"(Alasan masyarakat ingin memakai pelat RF ingin dapat) privilege dan kemudahan," kata Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi wartawan, Sabtu (23/10/2021).

Argo menyebut pelat RF memang diperuntukan atau sebagai kode tertentu. Apalagi pelat tersebut dulu sempat bebas dari kebijakan ganjil genap (gage) di Jakarta.

"Ya kan pelat RF ada kode-kode spesifik diberikan kode penomoran khusus seperti RFS, RFP. Karena nomor kendaraan ini adalah nomor bantuan artinya ini adalah kendaraan dinas, jadi harapannya si pengguna pada saat pemeriksaan di jalan supaya bisa dibantu. Kalau dulu kan bisa lewati gage," papar Argo.

Baca Juga: Polisi Masih Buru Kawanan Begal di Jakpus yang Tewaskan Pegawai Basarnas

Meski begitu, Argo menegaskan pelat tersebut kini sudah tidak bebas dari kebijakan gage. Pelat hitam termasuk pelat khusus tersebut tetap berlaku untuk gage di Jakarta.

"Cuman kan itu sudah dipatahkan oleh Pak Direktur, kalau status kendaraan pelat hitam itu sama semua tidak ada pengecualian (dalam hal gage)," pungkas Argo.

Artikel menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X